1.172 Guru Madrasah Ikut AKG, AKK, dan AKP di Aceh Utara

Inmas Aceh 21-11-2020 17:01

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Lhoksukon (Masnoer)---Pelaksanaan Ujian Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas(AKP) di Aceh Utara berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Pelaksanaan Ujian AKG ini dimulai dari tanggal 19 sampai dengan 21 November 2020 diikuti oleh guru, Kepala dan pengawas madrasah dibawah Kementerian Agama.

Admin Asesmen Kankemenag Aceh Utara, Yusnan, Amd menyebutkan, jumlah peserta di lingkungan Kemenag Aceh Utara sebanyak 1.172 orang, yang terdiri 1.046 guru, 116 Kepala Madrasah dan 10 orang Pengawas Madrasah. Sedangkan Tempat Asesmen Kompetensi (TAK)  di Aceh Utara dilaksnakan di 7 TAK diantaranya, MTsN 1 Aceh Utara, MTsN 2 Aceh Utara, MTsN 4 Aceh Utara, MAN 1 Aceh Utara, MAN 2 Aceh Utara, MAN 3 Aceh Utara dan MAN 5 Aceh Utara, ucapnya Sabtu (21/11).

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Utara H Salamina MA melalui Kasi Pendidikan Madrasah Drs H Hamdani A Jalil MA saat dihubungi Admin Website aceh.kemenag.go.id Sabtu (21/11/2020) menjelaskan AKG, AKK dan AKP merupakan baseline pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Madrasah Tahun 2021.

Hasil Asesmen ini sebagai pemetaan sebaran kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah. Hasil ini akan menjadi dasar implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berorientasi kepada mutu dan pemerataan.

“AKG bukan masalah lulus atau tidak lulus, tapi merupakan langkah menuju PKB. Nilai AKG nanti masuk di akun simpatika masing-masing guru. Syarat ikut PKB harus ikut AKG. Jika tidak mengikuti AKG dan PKB, maka kompetensinya dipertanyakan. Tujuan AKG yaitu untuk mendapatkan gambaran tentang kompentensi guru,” paparnya.

Ia melanjutkan, secara umum pelaksanaan AKG, AKK dan AKP di semua titik terlaksana dengan baik dan lancar sampai dengan hari terakhir.

“Terima kasih proktor, teknisi dan penanggung jawab kegiatan, yang telah bersinergi dengan Help Desk (HD) Kabupaten, sehingga bila ada persoalan yang muncul selama pelaksanaan kegiatan ini dapat teratasi dengan baik, juga kepala madrasah yang telah menfasilitasi kegiatan ini,” ujar H Hamdani.[yyy]


Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW