Kemenag Aceh Timur Sosialisasi Pendaftaran, Pembatalan dan Pelimpahan Porsi Haji Reguler

Inmas Aceh 19-11-2020 13:15

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Idi (Irfan)---Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur melalui Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar sosialisasi pendaftaran, pembatalan dan pelimpahan porsi haji reguler bagi kepala KUA, peyuluh PNS dan non PNS, penghulu dan staf KUA serta IPHI dalam Wilayah Kabupaten Aceh Timur di Aula terbuka kemenag setempat, Kamis (19/11/2020).

Kegiatan ini diikuti 130 peserta dalam 24 kecamatan yang yang tersebar di wilayah Kabupaten Aceh Timur, dengan rincian, peserta KUA  sebayak 28 orang, penyuluh PNS 8 orang, peyuluh non PNS 60 orang, penghulu dan staf KUA 29 orang dan IPHI 5 Orang.

Acara tersebut dilaksanakan selama satu hari penuh dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H.Salman S.Pd M.Ag.

Dalam kegiatan ini, Kakankemenag Aceh Timur juga sebagai pemateri dengan judul Kebijakan Pemerintah dalam Peyelenggaraan Ibadah Haji dan Kebijakan Penundaan Ibadah Haji Tahun 2020 berdasarkan KMA No.494 Tahun 2020. Kemudian, Kasi PHU  Muhamad Mansyur,S.Sos.I MA, dengan judul Peran dan Fungsi Penghulu dan Penyuluh dalam Penyelenggaraan Haji.

Selanjutnya, Abi Asyari ME  Staf PHU dengan materi Tatacara Pendaftaran Pembatalan Haji dan Pelimpahan Porsi Haji dan Gambaran Umum Pengelolaan Dana  Setoran Awal Ibadah Haji.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H.Salman SPd,M.Ag, dalam sambutannya memaparkan, kegiatan ini berasal dari revisi anggaran manasik haji yang telah dibatallkan karena pendemi Covid-19.

Kakan kemenag  juga mengatakan tentang masa tunggu keberangkatan haji di Aceh telah mencapai 30 tahun.

“Bagi Jemaah Calon Haji yang mendaftar di tahun 2020 ini, estimasi atau perkiraan keberangkatan haji harus menunggu sekitar 30 Tahun,” ujar Salman.

Salman  juga menjelaskan, Kementerian Agama telah memberikan kemudahan kepada Jemaah Calon Haji wafat atau sakit permanen, oleh ahli warisnya untuk dapat melimpahkan nomor porsi.

“Pelimpahan nomor porsi dapat dilakukan bagi jemaah wafat atau sakit permanen sesudah tanggal 29 April 2020,” tutupnya.

Untuk diketahui, Pelimpahan porsi berdasarkan Undang-undang nomor 8 Tahun 2020 tentang Penyelenggaran Ibadah Haji dan Umrah dan  Kepdirjen 130 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pelimpahan Nomor Porsi Meninggal Dunia atau Sakit Permanen, serta Surat Edaran Dirjen nomor 20002 tahun 2020 tentang Pelimpahan Nomor Porsi Jemaah Haji.

Dalam kesempatan yang sama Kasi PHU Kemenag Aceh Timur  meyampaikan, bagi masyarakat yang mengalami  kegagalan keberangkatan haji tahun 2020 ini akibat adanya musibah Corona Virus Desease atau yang sering di sebut Covid-19, akan diberangkatkan pada tahun berikutnya.

“Musibah ini tidak hanya di Indonesia yang merasakannya, akan tetapi dunia juga merasakan hal yang sama seperti yang kita rasakan saat ini, jadi kita harus maklum,” kata Muhammad Mansyur.

 “Mari bersama-sama kita doakan keberangkatan jemaah haji lunas pada tahun 2020 ini yang sudah batal, Insya Allah akan diberangkatkan pada tahun 2021,” tutup Mansyur.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW