CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Peserta Bimtek KUA Meeting Zoom Bersama Dirjen Bimas Islam Kemenag RI

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 338
Kamis, 19 November 2020
Featured Image

Banda Aceh (Humas)---Setelah Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kasubbag TU dan Kepala KUA, Rabu (18 November 2020), sesi materi pun berlanjut.

Dalam acara hari kedua, Kamis (19 November 2020), Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA secara virtual bahani peserta acara yang digelar
Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kanwil ini.

Dirjen Bimas Islam, dalam video conference zoom meeting, bagi peserta acara di Grand Permata Hati Hotel Blang Oi Banda Aceh, sampaikan apresiasi tinggi atas pelayanan selama ini. Terutama KUA Kecamatan yang tetap bisa layani umat di tengah pandemi, juga berkonsultasi.

"KUA adalah entitas yg sangat penting.
KUA tempat konsultasi keagamaan bersama umat. Di sini Penghulu harus memahami ilmu Fiqh Munakahat, Mawaris, dan Menguasai IT," imbuhnya dalam acara yang dimoderatorkan Kasi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah H Khairuddin SAg MA.

Kabid Urais Binsyar Drs H Marzuki MA, sampaikan, Ditjen Bimas Islam bahani diskusi virtual bertema "New Normal Pandemi Covid-19 Menuju KUA Kecamatan Berkualitas dan Inovatif".

Dirjen Bimas Islam harapkan, pandemi yang masih belum mereda di tanah air, tidak menjadi penghambat peningkatan kualitas dan inovasi di KUA.

Hal yang sama diutarakan Kabid Urais Binsyar, bahwa jajaran KUA di Aceh diharapkan bisa adaptasikan diri dengan kondisi yang melanda dalam berinovasi. Sehubungan dengan itu, lanjutnya, dalam awal acara Bimtek KUA telah pula diserahkan delapan printer buku nikah, PC, dan Laptop dari Kanwil pada KUA yang ditunjuk.

Sebelumnya, Kabid Urais Binsyar sebutkan bahwa meskipun pandemi, di Serambi Mekkah tidak menghalangi minat masyarakat untuk mendapat layanan KUA.

Dirincikannya, selama Oktober 2020 sebanyak 3.840 peristiwa nikah terjadi di Aceh.

Dari jumlah total peristiwa nikah, 2.452 peristiwa nikah di kantor dan 1388 di luar kantor.

Marzuki mengatakan, berdasarkan data pernikahan yang dihimpun Kanwil Kemenag Aceh, tiga kabupaten di Aceh dengan jumlah peristiwa nikah terbanyak pada bulan Oktober yakni, Aceh Utara, Pidie, dan Bireuen.

"Jika kita melihat angka pernikahan di Aceh tentu ini menunjukkan bahwa Covid-19 tidak menghalangi niat untuk nikah. Jika kita banding dengan Oktober 2019 tidak jauh berbeda, Oktober tahun lalu peristiwa nikah di Aceh mencapai 4.115, perbedaannya tidak terlalu jauh," kata Marzuki, yang sebelumnya pernah menjabat Kakankemenag Subulussalam dan Kakankemenag Aceh Timur.

Acara tiga hari, 18-20 November 2020, diikuti 60 peserta dari Kasubbag TU dan perwakilan KUA.

Saat membuka acara, Kakanwil mengatakan, saat ini dibutuhkan kesamaan persepsi, pelayanan dan informasi antar KUA.

Hal itu menurut Iqbal, agar tidak terjadi mis komunikasi serta masyarakat juga dapat terlayani dengan baik.

"Dengan kesungguhan bapak sekalian, pelayanan dapat terlaksana dengan baik sehingga tidak ada persoalan yang dihadapi masyarakat," kata Iqbal, yang sebelumnya pernah menjabat Kakankemenag Aceh Barat Daya, Kankemenag Aceh Selatan, dan Kakankemenag Pidie Jaya.

Bagi peserta lanjut dengan materi dari pihak Ombudsman, pada cara yang ditutup Jumat (20 November2020) itu.[]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh