CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Pengurus BWI Kabupaten Bener Meriah Periode 2019-2023 Dilantik

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 440
Selasa, 27 Oktober 2020
Featured Image

Redelong (Zulkifli/Humas)---Ketua Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Aceh Dr H A Gani Isa MAg melantik pengurus BWI Kabupaten Bener Meriah masa bakti 2019-2023 di aula kantor Bupati setempat, Selasa, 27 Oktober 2020.

Pelantikan turut disaksikan Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi,  Asisten I Drs Mukhlis, staf ahli Bupati Abdul Kadir ST,  Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg, Kakankemenag Bener Meriah Drs H Hamdan MA, dan Kabid Penais Zawa, Drs H Azhari.

Dalam amanahnya Ketua Badan Waqaf Indonesia Provinsi Aceh, Dr H A Gani Isa MA, semangat wakaf ini berdasarkan ayat Alquran, dalam surat Ali Imran ayat 92 “Tidak sekali kali kalian akan memperoleh kebaikan sampai kalian menafkahkan apa (harta) yang kalian cintai”. 

Manfaat wakaf ini akan lebih banyak manfaatnya manakala disertai dengan semangat untuk berinvestasi akhirat yaitu dengan jalan berwakaf," tutur Gani Isa, yang antara lain pernah menjabat Kabid Penamas di Kanwil Depag Aceh.

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg kepada Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi mengucapkan banyak terima kasih karena sudah menyambut baik silaturahmi ini, walaupun saat ini dalam momen pelantikan kepengurusan BWI Kabupaten Bener Meriah periode 2019-2023.

Menurut Iqbal BWI merupakan sebagian tugas dan fungsi dari kementerian agama secara struktur  saat ini untuk Kabupaten Bener Meriah sudah ditangani oleh pemerintah daerah namun dalam praktek kita harus bersama sama  dalam pengurusan wakaf tersebut. 

"Kehadiran BWI ke kabupaten/kota Alhamdulillah sudah beberapa kabupaten sudah terbentuk kita berharap setelah ini  akan terbentuk  pengurus-pengurus  BWI dalam provinsi Aceh," ungkap Iqbal.

Dikatakannya, untuk mempercepat Kemenag dalam pengurusan aset-aset tanah wakaf  untuk seluruh Aceh yang mencapai 24 ribu  persil yang harus disiapkan.

Iqbal berharap, untuk menyelesaikannya, bukan hanya tugas Kemenag ataupun BWI, tetapi tugas kita bersama. "Dengan terselesaikannya sertifikat tanah wakaf ke depan juga untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam dan membantu masyarakat muslim di bawah garis kemiskinan," ajak Iqbal.

Selanjutnya Bupati Bener Meriah memberikan kata selamat kepada pengurus Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Bener Meriah. Tgk H Sarkawi menginginkan seluruh tanah wakaf di Kabupaten Bener Meriah harus diselamatkan. 

"Kecenderungan nilai tanah wakaf bertambah terkadang ini yang membuat ahli waris tergiur untuk menggugat kembali, padahal tanah wakaf tersebut tidak boleh diwariskan," kata Sarkawi.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Bener Meriah juga akan memfasilitasi penyediaan tanah produktif untuk BWI Kabupaten Bener Meriah.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan sejumlah 56 sertifikat tanah wakaf dari Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi  dan diterima secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg M Ag menutup kegiatan tersebut.

Sebelum kegiatan pelantikan Kepengurusan BWI Kabupaten Bener Meriah periode 2019-2023, Bupati Bener Meriah menjamu sarapan pagi seluruh rombongan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Aceh di Pendopo Bupati dalam suasana kekeluargaan dan penuh ukhuwah islamiah.

Dalam acara tersebut Bupati menyerahkan 200 hektar (ha) tanah wakaf untuk BWI Bener Meriah.[]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh