CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Serahkan Izin Operasional dan Penghargaan untuk Ma'had Aly dan Pondok Pesantren

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 482
Kamis, 22 Oktober 2020
Featured Image

Bireuen (Humas)--- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyerahkan Surat Keputusan Agama RI tentang Izin Operasional Mahad Aly dan sertifikat penghargaan untuk 3 dayah dan Ma'had Aly.

Penyerahan izin operasional tersebut dilakukan Bupati Bireuen Muzakkar A Gani dalam upacara Hari Santri Nasional ke-6 di Bireuen, Kamis, 22 Oktober 2020.

Adapun dayah penerima penghargaan tersebut yakni, Dayah Babussalam Al-Hanafiyah Matangkuli, Aceh Utara atas prestasi pesantren yang berbagi praktik baik sambut tahun ajaran baru 2020/2021 tingkat nasional pada kategori pembelajaran tatap muka.

Kemudian, Ma'had Aly Dayah Mudi Mesra Samalanga yang mendapatkan akreditasi A. Kemudian Pondok Pesantren Salafy (PPS) Ma'had Ta'limul Quran (Mataqu) Usman Bin Affan, Kota Lhokseumawe yang juga mendapat akreditasi A.

Iqbal mengatakan, momentum Hari Santri harus menjadi semangat baru bagi para santri untuk terus meningkatkan kualitas diri.

"Kita harapkan momentum Hari Santri di Aceh dapat memotivasi para santri di Aceh dalam meningkatkan kualitas dan memberikan kontribusi terbaik untuk pembangunan pendidikan di Aceh," kata Iqbal.

Ia berharap seluruh pondok pesantren memanjatkan doa agar wabah Covid-19 segera hilang.

"Kami mohon kepada seluruh santri di Aceh untuk terus memanjatkan doa dan meminta kepada Allah supaya wabah Covid-19 ini dapat segera berakhir dan hilang di bumi tercinta ini," katanya.

Turut hadir pada upacara HSN ini, Kadis Pendidikan Dayah Aceh H Usamah El-Madny SAg MM, Kabag TU Drs H Amiruddin MA, Kabid PD Pontren Drs H Maiyusri MA dan dihadiri hampir seluruh pimpinan dayah/pesantren di Bireuen, perwakilan santri dari belasan pesantren sebagai peserta upacara.


Adapun pimpinan yang hadir antara lain ulama kharismatik Aceh Tgk H Nuruzzahri atau lebih dikenal Waled Nu Samalanga, Tgk H Daud Hasbi, Abiya Anwar Kuta Krueng, dan lainnya.[]



Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh