CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Gelar Penguatan Kompetensi Penceramah Agama

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 386
Senin, 19 Oktober 2020
Featured Image

Banda Aceh (humas) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Provinsi Aceh Tahun 2020 melalui Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf.

Penguatan kompetensi penceramah ini dilaksanakan selama empat hari, dari Senin (19/10) sampai Kamis (22) di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh dan diikuti 200 penceramah dari perwakilan organisasi massa (ormas) Islam, lembaga dakwah atau perorangan yang mendapat undangan dari panitia.

Kepala Kanwi Kemenag Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini bukan untuk mensertifikasi para penceramah.

"Soal setelah kegiatan diberikan sertifikat, itu hal biasa," jelas Iqbal.

Menurut Iqbal, kegiatan ini semata-mata untuk penguatan kompetensi para penceramah. "Kita semua sudah memiliki kompetensi dalam ceramah, kegiatan ini hanya untuk penguatan kompetensi di bidang-bidang lain, apalagi di masa pandemi Covid seperti ini," ia melanjutkan.

Sementara ketua panitia, T Ahmad SAg menjelaskan bahwa dalam penguatan kompetensi ini, para peserta akan diberikan materi tentang wawasan ke-Indonesiaan, ketahanan nasional, pengarustamaan moderasi beragama, isu aktual keagamaan, terorisme, strategi dakwah di era milenial, dan literasi digital media dakwah.

Para pemateri, jelas T Ahmad, berasal dari Direktorat Jenderal Bimbingan Agama Islam Kemenag RI, dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila melalui aplikasi Zoom Meeting. Sedangkan secara luring, ada pemateri dari Kanwil Kemenag Aceh, Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, Lembaga Ketahanan Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Akademisi atau praktisi.

Kegiatan penguatan kompetensi penceramah agama sendiri diikuti 200 peserta yang dibagi menjadi empat angkatan. Angkatan I dan II mengikuti kegiatan pada 19 sampai 20 Oktober 2020, sementara angkatan III dan IV pada 21 dan 22 Oktober 2020.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh