CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Tiga PLHUT Masuk Pagu Anggaran 2021, Seuramoe Haji dalam Pengusulan

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 647
Kamis, 8 Oktober 2020
Featured Image

Banda Aceh (Humas)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh sedang mengupayakan pengusulan satu gedung layanan haji dan umrah di tingkat provinsi. 

Kepala Bidang Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs H Arijal MSi, membenarkan tentang perencanaan pengadaan fasilitas haji dan umrah di Kanwil Kemenag Aceh di masa mendatang.

"Kemenag Aceh melalui Bidang PHU sedang menyempurnakan satu proposal pengusulan ke Dirjen PHU Kemeng RI. Kita terus berusaha semoga bisa terealisasi nantinya," ujar Arijal.

"Kita mewacanakan untuk nama fasilitas umat itu misalnya "Seuramoe Layanan Haji dan Umrah Aceh" atau "Balee Layanan Dokumen dan Manasik Haji dan Umrah Aceh", atau beberapa nama lain, jika usulan disetujui Pusat," ujarnya.

Kabid PHU lanjutkan, bahwa untuk tahun tahun-tahun mendatang, beberapa kabupaten/kota sedang proses usulan pengadaan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

"Misalnya untuk proposal pengalokasian anggaran 2022, diusulkan Kankemenag Aceh Barat, Kankemenag Aceh Barat Daya, dan Kankemenag Aceh Jaya," ucap Arijal.

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mendukung dan apresiasi upaya penambahan fasilitas layanan di Kanwil, dengan perencanaan lengkap serta persiapan lokasinya yang matang.

Sementara perkembangan terakhir tentang pembangunan PLHUT di kabupaten/kota, pernah disampaikan Kakanwil saat kedatangan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag RI, Dr Dr H Deni Suardini SE MM CFRA CA QIA, pekan lalu. 

Dalam pertemuan dengan Irjen bersama Kakankemenag Kabupaten/Kota se Aceh dan para undangan, Kakanwil menyampaikan progress pembangunan PLHUT dengan alokasi anggaran 2020 di Kemenag Aceh Besar dan Kemenag Aceh Singkil. 

Iqbal juga memohon dukungan dan arahan Irjen untuk pengalokasian PLHUT di Aceh, untuk masa-masa yang akan datang.

"Untuk Tahun Anggaran 2021, Provinsi Aceh juga mendapat alokasi dana atau sudah masuk pagu anggaran, untuk pembangunan tiga PLHUT, yakni Kankemenag Kota Langsa, Kankemenag Aceh Utara, dan Kankemenag Aceh Tengah," jelas Iqbal, dalam acara pembinaan bersama Irjen di Aula Kanwil, Kamis, 01 Oktober lalu.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh