Kanwil Kemenag Aceh Ikuti Sosialisasi BP ASN secara Virtual

Inmas Aceh 17-09-2020 11:56

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Banda Aceh (Humas)---Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) gelar sosialisasi tentang regulasi birokrasi secara online, Kamis (17/08/2020).

Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg melalui Kabag TU Drs H Amiruddin MA, menyampaikan bahwa acara nasional via aplikasi zoom atau virtual ini, sebagaimana maksud undangan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, bertujuan untuk mensosialisasikan Badan Pertimbangan Aparatur Sipil Negara (BP ASN), Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Netralitas dan Aplikasi ASN No Radikalisme.

Kakanwil Kemenag Aceh bersama peserta se Indonesia ikut acara online atau dalam jaringan (daring) itu.

"Dalam sosialisasi dua jam itu, di antaranya disampaikan sejumlah data dan dinamika sebelum Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) akan menjadi cikal bakal BP ASN," sebut Plt Kasubbag Kepegawaian dan Hukum Muhammad Khudhari, yang dampingi Kakanwil, di sela-sela zoom, di ruang rapat Kakanwil.

"Tanggung jawab dan kewenangan BAPEK akan lebih luas lagi nantinya. Jadi tidak hanya menangani permasalahan kepegawaian yang berkaitan dengan kedisiplinan PNS saja,” kutip Khudhari, dari salah satu pemateri, Koordinator Manajemen Integritas, Kode Etik dan Disiplin SDM Aparatur Kementerian PAN RB, Rosdiana.

Selain membahas ragam data aduan dan sengketa ASN, tema netralitas ASN, dan isu radikalisme juga dibahas dalam sosialisasi itu. 

Sebutnya, paradigma penyelesaian sengketa kasus kepegawaian berubah sejak ditetapkannya UU ASN Nomor 5 Tahun 2014.

Regulasi yang berkaitan dengannya antara lain UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Sebagaiman undangan dari Plt Sekjen Kemenag RI, Prof Dr H Nizar MAg, Senin (14/09/2020), selain ditujukan pada para Kakanwil, juga untuk Irjen, para Dirjen, para Kepala Badan, para Rektor dan Ketua PTKN se Indonesia.[]

Kategori Informasi dan Humas Subbagian Ortala & Kepegawaian
CONNECT & FOLLOW