Ma`had Aly MUDI Masjid Raya Bireuen Raih Akreditasi A, Hanya 1 di Luar Jawa

Inmas Aceh 06-09-2020 09:46

(aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh)

Banda Aceh (Humas)---Ma'had Aly Ma'hadal Ulum Diniyyah Islamiyah (MUDI) Masjid Raya Samalanga, Kabupaten Bireuen meraih akreditasi A (Mumtaz) sebagai Ma’had Aly (dayah tinggi) dari Kementerian Agama RI.

Akreditasi A merupakan perolehan terbaik dari keseluruhan tiga peringkat yang diberikan, disusul peringkat di bawahnya yaitu peringkat B (jayyid) dan peringkat C (maqbul).

Dari 52 Ma’had Aly Se-Indonesia, Hanya tujuh Ma’had Aly yang meraih akreditasi A, Ma'had Aly MUDI Mesra merupakan satu-satunya yang memperoleh akreditasi A di luar pulau Jawa, yang enam lainnya dari pulau Jawa.

Nilai akreditasi A tersebut dituangkan dalam surat keputusan Menteri Agama RI Fachrul Razi tertanggal  28 Juli 2020 bersamaan dengan penilaian atau akreditasi sejumlah dayah/pesantren lainnya di Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengucapkan selamat atas pencapaian yang diraih Ma'had Aly MUDI Mesra Samalanga.

"Alhamdulillah, ini adalah pencapaian tertinggi bagi kalangan perguruan tingggi dan mahasantri, membuktikan dayah di Bumi Serambi Mekkah mampu bersaing di level nasional," kata Iqbal.

Ia mengatakan Ma'had Aly sebagai perguruan tinggi pesantren juga harus mampu dan memiliki peran untuk mencetak lulusan yang mempunyai daya saing dan memiliki kompetensi terutama dalam mengahadapi persaingan global. 

"Bila kemampuan ini dimiliki, kita harapkan masyarakat akan mampu melirik dan memilih Ma'had Aly sebagai pilihan pendidikan tinggi bagi anak-anaknya," harap Iqbal.

Menurutnya, pilihan tersebut ditentukan karena alasan kualitas dan lulusan yang dianggap mampu mengisi sektor kehidupan.

Selain itu, ia mengharapkan keberadaan Ma'had Aly juga mampu menjaga nilai-nilai dan tradisi pesantren yang tumbuh dan berkembang seiring hadirnya pesantren itu sendiri, terutama tercermin pada disiplin keilmuan dan ketrampilan.

Iqbal juga meminta agar rekrutmen calon mahasantri Ma’had Aly dilakukan lebih selektif agar tujuan pendidikan Ma’had Aly tercapai dan tetap mempertahankan akreditasi lembaga.

"Kita juga bersyukur, dari 52 Ma'had Aly se-Indonesia, 6 diantaranya ada di Aceh, yaitu Ma’had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng, Ma’had Aly Mudi Mesra Samalanga, Ma’had Malikussaleh Panton Labu, Ma’had Aly Babussalam Alhanafiyah Matangkuli, Ma’had Aly Darul Muarif Cot Trueng Aceh Utara dan Ma'had Aly Darussalam Labuhan Haji, semoga pencapaian ini dapat dipertahankan, dan Ma'had Aly yang lain di Aceh mengikuti jejak yang sama," ucapnya.

"Kita berharap ke depan kader-kader pesantren atau Mahasantri akan punya kompetensi dan profesionalitas, anak-anak kita perlu dipersiapkan sejak sekarang, sebagai penerus generasi sekaligus pemimpin bangsa masa depan," ucap Iqbal.

Sementara Mudir Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga, Tgk H Zahrul Mubarak menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga atas keputusan tersebut.

“Alhamdulillah, berkah doa Al-Mukarram Abu dan kita semua Ma’had Aly MUDI telah mendapatkan akreditasi mumtaz. Tentu hal ini patut disyukuri dengan semakin meningkatkan kualitas pendidikan di Ma’had Aly,” kata Abi Zahrul.

Keenam Ma’had Aly selain MUDI Mesra yang meraih Mumtaz yaitu Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Jawa Timur, Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jawa Timur, Ma’had Aly Al-Mubaarok Jawa Tengah, Ma’had Aly Al-Fithrah Jawa Timur, Ma’had Aly Maslakul Huda Jawa Tengah, Ma’had Aly Saidusshiddiqiyah DKI Jakarta.[]


Kategori Informasi dan Humas
CONNECT & FOLLOW