CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Inilah Besaran Zakat Fitrah 1441 H/ 2020 M di Kabupaten Nagan Raya

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1068
Rabu, 6 Mei 2020
Featured Image

Suka Makmue (Humas) - Seluruh umat islamdi penjuru dunia ikut bahagia melaksanakan puasa di bulan suci ramadhan. KantorKementerian Agama Kabupaten Nagan Raya melakukan rapat penentuan besaran zakatfitrah tahun 1441 H/ 2020 M, berlangsung di aula kantor Kemenag setempat, Rabu(06/05).

Penentuan zakat fitrah untuk tahun 1441H/ 2020 M turut hadir diantaranya: Kakankemenag Nagan Raya, Drs. H. Amiruddin,MA, Tgk. Aidy Putra, S.Ag Kasubbag TU, Irkham Saderi Ketua Mahkamah SyariahNagan Raya, Said Hamazali, S.Pd Kadis Syariat Islam, Tgk. Zainuddin Amin KetuaMPU, H M Kasem Ibrahim, S.Sos Ketua Baitul Mal, Baihaqi Husen Kabag KesosSekdakab serta sejumlah pejabat struktural lainnya Kemenag Nagan Raya.

Berdasarkan dari hasil survei pasar dalamwilayah Kabupaten Nagan Raya terhadap harga beras saat ini, bagi umat Islam diKabupaten Nagan Raya pada tahun 1441 H / 2020 M dapat dikeluarkan dengan salah satucara berikut :

1.     Kadar zakat fitrah dengan beras adalah 1sha' atau 10 kaleng susu isi 397 gram atau 3,1 liter atau 1,5 (satu setengah) bambu+ 1 genggam atau 2,8 kilogram untuk setiap jiwa.

2.     Zakat fitrah yang ditunaikan dengan uangadalah sebagai berikut :

a. Bagi yang mengkonsumsi beras BTN, Yusima,Bunga dan sejenisnya Rp. 35.000,- / jiwa.

b. Bagi yang mengkonsumsi beras Ramor,Tangse, Cap Ayam dan sejenisnya Rp. 32.000,- / jiwa.

c. Bagi yang mengkonsumsi beras Kemala,Qaisar, Cap BS, Cap Oke dan sejenisnya Rp. 30.000,- / jiwa.

d. Bagi yang mengkonsumsi Beras Doloq, beraslokal dan sejenisnya Rp. 26.000,- / jiwa.

Berdasarkan hasil keputusan rapattersebut akan di buatkan surat edaran dan akan di edarkan kepada seluruhmasyarakat Kabupaten Nagan Raya.

“Berdasarkan hasil rapat tersebut yangselanjutnya kita akan buatkan surat edaran untuk sosialisasi kepada masyarakat,mengenai besaran zakat fitrah yang telah di putuskan. Untuk diketahui danmenjadi pedoman bagi masyarakat dalam ruang lingkup kabupaten Nagan Raya”, ujarDrs. H. Amiruddin, MA Kakankemenag Nagan Raya setelah usai rapat.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh