CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Hujan Di Aceh Utara, Hilal Awal Ramadhan Tak Terlihat

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 735
Kamis, 23 April 2020
Featured Image

Lhoksukon (Masnoer)---Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah atau 2020 Masehi, Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Kementerian Agama Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe melakukan pengamatan atau Rukyatul Hilal awal Ramadhan di Bukit Poly Eks Komplek Perumahan Perta Aron, Kamis (23/4) dan bertepatan dengan 29 Sya'ban 1441 Hijriah.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Kemenag Aceh Utara membatasi pengunjung pada pemantauan tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut antaranya Unsur Kankemenag Aceh Utara diwakili oleh Kasi PHU H.Yusri, S.Ag, MAP,  perwakilan Kankemenag Lhokseumawe unsur MPU Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara

Kakankemenag Aceh Utara H. Salamina, MA melalui Kasi PHU Kankemenag Aceh Utara H. Yusri, S.Ag, MAP menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1441 H / 2020 M.

Lebih lanjut H. Yusri saat ditemui di sela-sela kegiatan menjelaskan menurutnya bahwa pada tahun ini Ramadhan berpotensi dimulai secara bersamaan pada hari Jum'at, 24 April 2020, karena pada tanggal 29 Sya'ban 1441 H ketinggian Hilal masih dibawah ufuk saat matahari terbenam.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Welet mustafa Isa, Ketua Tim rukyatul hilal mewakili MPU Aceh Utara "Hasil ini didapatkan setelah langit terlihat mendung, sehingga menyulitkan penglihatan hilal. Tak hanya itu, sudut elongasi bulan juga terpantau rendah, yakni 0,5 derajat. Biasanya, hilal terlihat jika sudut elongasi mencapai 3 derajat di langit yang cerah. Hilal ini bulannya cukup kecil, sehingga akan sulit dipantau jika cuacanya tengah mendung san hujan," ujarnya.

Ia, melanjutkan tinggi hilal negatif pada saat matahari terbenam, posisi hilal sudah berada di bawah ufuk. Hilal terbenam terlebih dahulu. Di bawah ufuk tidak mungkin terlihat secanggih apa pun alatnya." paparnya

Hasil pemantauan hilal ini akan dilaporkan ke Kanwil Kemenag Provinsi Aceh untuk dijadikan salah satu bahan penentuan awal tahun hijriah. Rukyatul hilal di Aceh.

Melalui sidang itsbat, Menteri Agama RI telah menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari, bertepatan pada hari Jumat, 24 April 2020.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh