CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Subulussalam dan Polres Tanda Tangani MoU Penerimaan Polri Tahun 2020

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 504
Kamis, 12 Maret 2020
Featured Image

Subulussalam (Faisal)--- Dalam rangka menyambut rekrutmen atau penerimaan anggota Polri tahun 2020  ini Polisi Resor (Polres) Kota Subulussalam bersama dengan Pelaksana Harian (Plh) Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam dalam melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU), yang dilaksanakan di Ruang aula Polres setempat. Kamis (12/3)

MoU tersebut berisi tentang sosialisasi penerimaan Calon Anggota Kepolisian tahun 2020 dalam bentuk pembinaan dan pelatihan sebelum mengikuti test penerimaan. 

Selain itu juga, ditegaskan bahwa selama tahapan penerimaan anggota Polri tidak ada pungutan liar atau (pungli) hal tersebut disampaikan oleh Qori Wijaksono selaku Kapolres Kota Subulussalam.

Kapolres Subulussalam usai penandatangan MoU dengan  mengatakan tahun ini akan ada penerimaan anggota kepolisian. Untuk memudahkan calon peserta, maka dibuatlah MoU antara Kepolisian dan Pemerintah Daerah dengan harapan calon peserta memiliki pengetahuan yang cukup, fisik yang prima dan mental yang kuat.

“Kerjasama ini di maksudkan agar Kemenag Subulussalam turut serta mensosialisasikan dan turut membantu hal-hal yang bersifat teknis. Lewat kegiatan ini pula, masyarakat yang ingin mendaftar tidak kaget lagi, sebab kepada mereka akan diberikan pembinaan fisik dan kesehatan serta pelatihan, juga pengetahuan,” kata Qori Wijaksono.

Kapolres menjelaskan bahwa penyelenggaraan penerimaan Anggota Polri ini Bersih dan Transparan (clean and clear). Tidak ada pungutan atau biaya yang dibebankan kepada masyarakat melalui calo yang tidak bertanggung jawab. 

Kegiatan ini juga sebagai langkah penghapusan stigma pemikiran negatif masyarakat bahwa masuk polisi harus mengeluarakan biaya mahal.

“Dari kegiatan ini, kami ingin melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pendaftaran hingga tes untuk menjadi calon anggota Polri dilakukan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu juga Plh Kemenag Subulussalam Sunarto. SE mengapresiasi proses seleksi penerimaan calon anggota Polri yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Dirinya memberi apresiasi atas prakarsa Polres dalam menjemput bola.

Dikatakannya, tahun-tahun sebelumnya penerimaan angggota Polri sudah cukup baik, namun dengan adanya pra penerimaan seperti ini apalagi ditambah dengan adanya MoU maka akan memudahkan masyarakat untuk mencari informasi persyaratan masuk Polri dan selaku pemerintah daerah, juga bisa melakukan pengawasan penerimaan Polri di tahun selanjutnya.

“Langkah yang diambil Polres Subulussalam dalam sosialisasi Penerimaan calon anggota Polri sudah bagus apalagi dengan adanya MoU ini kita dari Kemenag, Pemerintah daerah maupun masyarakat bisa mengawasi bersama proses seleksi penerimaan Polri,” ujar Sunarto

Muridnya yang berprestasi di bidang akademik, sehat jasmani dan rohaninya untuk diarahkan turut ikut proses seleksi penerimaan Polri tahun 2020 ini.

“Partisipasi Kepala Madrasah untuk mensosialisasikan dan mempersipakan muridnya yang memiliki kompetensi untuk turut bersaing dalam seleksi penerimaan Polri,” ujarnya.

Anak-anak yang berprestasi lanjut Sunarto, dalam bidang pendidikan, olahraga maupun yang hafal al-qur’an dari pondok pesantren, maupun MA lebih diutamakan.

Dalam penandatangan MoU tersebut kepada Kapolres menuturkan bahwa kami di Kementerian Agama Kota Subulussalam berterimakasih dan akan mendukung penuh pelaksanaan penerimaan apalagi selain Dinas Pendidikan, Kementerian Agama juga merupakan Kementerian yang menjalankan fungsi – fungsi keagamaan dan juga bidang Pendidikan, seperti Madrasah dan Pondok Pesantren, dan dengan ditanda tangani MoU ini menjadi momen penting kepada Siswa – siswi yang ada pada Madrasah dan Pondok pesantren Ikut menjadi Anggota Polri,





Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh