CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

MIN 8 Aceh Barat Daya Laksanakan Kegiatan Muthuawah Madrasah Ke 1

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 826
Jumat, 21 Februari 2020
Featured Image

Manggeng (Humas/Jemi)---MIN 8 Aceh Barat Daya mengadakan kegiatan lomba antar-TK,RA dan Paud Wilayah Manggeng- Lembah Sabil.dan TK wilayah Aceh Selatan Kegiatan tersebut diberi nama Muthuah Marasah ke 1 dengan tema “Ceria Berkreasi dan Berprestasi” ini dilaksanakan dalam rangka mengawali kegiatan penerimaan siswa baru (PSB) yang akan dilaksanakan di Bulan Mei 2020. 

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Muhammad Jufri, SPd.I dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari dengan tiga rangkaian acara yang diselenggarakan. “Insya Allah acara ini berlangsung selama 2 hari yaitu Rabu dan Kamis, 19 sampai 20 Februari 2020, dengan jumlah peserta sebanyak 118 orang, terdiri dari 100 peserta dari lomba mewarnai dan 18 orang peserta yang mengikuti lomba hafidz serta Bazar makanan dan hasil kerajinan Tangan,Jadi masing-masing peserta ini terdiri dari TK RA dan Paud yang tergabung dalam 15 satuan pendidikan,” imbuhnya. 

Lebih lanjut ia  menjelaskan kegiatan yang bertajuk Muthuwah merupakan singkatan dalam bahasa arab yaitu, Muhibah Thifla Wa Ukhwah yang berati talenta anak-anak dan persaudaraan dan bisa juga diartikan dalam bahasa Aceh Meutuwah yang artinya juga sangat baik. “Tujuan kegiatan ini bisa memotivasi generasi islam dibidang keagamaan, seni dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan (Bazar),” paparnya. 

Sementara itu Kepala MIN 8 Abdya, Jemizan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menggali potensi talenta anak yang selama ini belum tersalurkan, “Sehingga dengan adanya acara ini bisa menumbuhkan semngat, keberanian dan motivasi bagi anak dalam mengimplementasi bakat mereka,” paparnya. Dalam kesempatan itu, Jemizan berharap agar kegiatan itu bisa bisa dijadikan modal awal bagi anak dalam mengembangkan bakat anak-anak sesuai dengan talentanya masing-masing. “Semoga tertanam jiwa anak yang berani dan cinta terhadap Al-Qur’an, Seni dan Kewirusahaan

Adapun Bazar dan Kerajinan Tangan dipusatkan di halaman halaman Madrasah. Akibatnya, halaman Madrasah bak menjadi pasar tiban yang dijejali sekitar enam ratusan pengunjung siswa kompek Terpadu MI,MTs dan MAS dan Ada sekitar 4 stand yang didirikan di halaman. Stand tersebut memajang kerajinan tangan dan aneka Makanan maupun minuman yang dibuat oleh siswa MIN 8 Aceh Barat Daya. Pengunjung yang tertarik dapat membeli barang yang dipajang di stan sebagai bentuk apresiasi bagi kreativitas siswa.

Acara pameran dan perlombaan juga diselingi pentas seni oleh siswa MIN 8 Aceh barat Daya acara di awali dengan hentakan Rapa’I Geleng dari siswa MIN 8 Aceh Barat Daya dan pemukau acara tampil Tahfid cilik yang pernah menjuarai Tingkat Kabupaten baru-baru ini sebagai Pembuka Acara dan dilanjutkan dengan tampilan Rebana Sanggar Seni MIN 8 Aceh Barat Daya yang diberi Nama Sanggar Seni Al-Husna 

Dari hasil Lomba untuk katagori Tahfid Putra juara 1 berasal dari TK ABA Desa Kedai Manggeng atas nama M.Abi Al-Fatih, Juara 2 dari TK Insan Madani atas Nama Adhiya Rizki dan juara 3 dari RA Safinatun Najah atas nama Rahmat Nabil, adapun Tahfid Putri juara 1 dari RA Safinatun Najah atas nama Fidya Okta Marsya juara 2 dari Paud boh Hate atas nama Amila Rahmi. Adapun dari cabang lomba mewarnai juara 1 dari Paud An-Nur Manggeng atas nama Saidatul Nisa, juara 2 dari Paud An-Nur Manggeng atas nama Nailatul Fadilah dan Juara 3 dari Paud Cahaya Hati atas nama T.Muhammad Sabri dan yang terakhir Pemenang Lomba Bazar dan Kerajinan Juara 1 Kelas IV/B Asuhan Maria Elvianti,S.Pd.I Juara 2 kelas VI/A asuhan Masdiana,S.Pd dan Juara 3 kelas VI/C Asuhan Siti Azizah,S.Pd.

Diakhir acara sebagai penutup adalah Ceramah Agama yang di kupas langsung oleh Da’I yang berasal dari Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan Oleh Tgk.Ismail yang berisikan tentang bagai mana Trik mendidik anak sesuai anjuran Al-Quran dan Hadis yang tidak bertentangan dengan HAM yang berlaku di Negara tercinta ini

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh