CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

24 Calon Petugas Haji Ikut Tes kompetensi di Aceh Utara

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 663
Selasa, 4 Februari 2020
Featured Image

Lhoksukon (Masnoer)---Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar tes kompetensi tingkat Kab. Aceh Utara bagi calon petugas haji tahun 2020 di Balai Al-ikhlas Kankemenag Kab. Aceh Utara, Kamis, (4/2).

Tes Kompetensi ini diawasi oleh Drs H. Muhammad Gade dari Kabid PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Kasi PHU Kankemenag Aceh Utara H. Yusri, MAP mengatakan Seleksi tes kompentensi petugas Haji tingkat Kankemenag kabupaten Aceh Utara menggunakan sistem Computer Asested Test (CAT) "Dengan menggunakan CAT, proses seleksi lebih transparan dan akuntabel" ungkap H.Yusri

Ter tersebut dimulai pukul 09.00 dengan waktu durasi 60 menit dan diikuti 24 peserta, terdiri dari PPIH Kloter dan Non Kloter, PPIH Kloter sebanyak 9 peserta dan Non kloter 15 peserta.

"Mereka merupakan aparatur Kementerian Agama yang bertugas di berbagai satuan kerja diantaranya dari Kantor Kemanag unsur KUA, Penyuluh, Madrasah dan IAIN Malikussaleh" rinci H. Yusri

Lebih lanjut Ia menjelaskan seleksi tahap awal bagi mereka yang lulus berhak mengikuti tes kompetensi tingkat Kanwil Kemenag Aceh pada tes lanjutan tingkat Kanwil nanti. Tes ini meliputi tes tulis dan tes wawancara. "Hasil tes tingkat Kanwil inilah yang akan menentukan siapa-siapa saja yang berhak menjadi petugas haji tahun ini," jelasya

Sementara itu, Kepala Kankemenag Aceh Utara Salamina, MA melalui Kepala Sub Tata Usaha Kankemenag Aceh Utara Drs. H Jamaluddin, M.Pd menyatakan seluruh calon peserta memiliki kesempatan yang sama menjadi petugas dan kepada peserta yang belum memiliki peluang yang sama. "Tidak perlu kecewa dan berkecil hati," katanya.

Kasubbag Tata Usaha melanjutkan hari ini Kementerian Agama (Kemenag) menggelar seleksi petugas haji 1441 H/ 2020 M. Sebanyak 7.448 orang mengikuti seleksi petugas haji secara serentak Seluruh Kab/Kota di Indonesia. 

"Mereka akan memperebutkan kursi 1.014 panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) kloter terdiri dari ketua kloter dan pembimbing ibadah kloter. Selain itu ada juga 305 kuota penyelenggara perjalanan ibadah haji atau PPIH Arab Saudi," katanya mengutip keterangan Ditjen PHU, Khoirizi H Dasir. 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh