Di Aceh Timur T Zulfikar Hadiri Acara Kompetisi Penggalang Dan Pesta Siaga

Kankemenag Aceh Timur 25-01-2020 19:25

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Timur)

Idi (Irfan Humas)Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur dalam Hal ini di wakili oleh Pelaksana Tugas Hariah (PLH) Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) T Zulfikar S.Sos.I menghadiri acara Kompetisi Penggalang dan Pesta Siaga yang diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Timur.Sabtu (25/01/2020).

Dalam kesempatan tersebut T Zulfikar meyampaikan Sebanyak 505 peserta dari berbagai Gugus Depan (Gudep) Jenjang SMP/MTs se- Aceh Timur mengikuti Kompetisi Penggalang dan Pesta Siaga tersebut dari 24-28 Januari 2020 mendatang.

Lebih Lanjut T Zulfikar Meyampaikan Kegiatan rutin tahunan itu dipusatkan di Bumi Perkemahan Pusat Pemerintah Kabupaten Aceh Timur di Idi Rayeuk.

"Melalui kegiatan ini kita berharap agar para pelajar SMP/MTs mampu mandiri, aktif, kreatif, inovatif dan berkarakter," kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, Saiful Basri, melalui Wakil Ketua Bidang Bina Muda Agussalim yang pada saat itu didampigi oleh T Zulfikar usai menjadi Pembina Apel Kompetisi Penggalang dan Pesta Siaga Tingkat Gudep Tahun 2020 di Idi.

Disisi lain, lanjut Kabid Pembinaan SD itu, kompetisi tersebut juga bertujuan untuk melatih generasi bangsa agar tampil lebih disiplin, kuat dan cerdas.

Melalui perlombaan tersebut nantinya tentu akan lahir pelajar yang tampil dalam membuat berbagai ketrampilan, tetapi mampu dan berani tampil didepan dan dalam tentu sebagai pembina diharapkan generasi pramuka siap menghadapi tantangan teknologi dunia.

"Perlu diketahui bahwa tahun 2019 dan 2020 merupakan tahun kebangkitan pramuka di Aceh Timur, apalagi Tunas Ramadhan se-Aceh akan dipusatkan di Aceh Timur. Mudah-mudahan nantinya kita bukan sekedar mampu menyukseskan kegiatan tapi harus lebih tampil dalam aneka perlombaan nantinya," ujar Agussalim.

Ketua Bidang Lomba Pesta Siaga, Poutra menyebutkan selama lima hari kedepan pihaknya memperlombakan antara lain pionering (pembuatan tali temali dan pembuatan tower), lomba jelajah, peta pita, masak rimba, kerapian tenda dan pentas seni serta beberapa cabang dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ).

"Seluruh perlombaan, dewan juri akan diumumkan pemenangnya sekaligus memberikan tropi dalam sesi penutupan di lapangan yang sama," ujar Poutra seraya berharap kakak pembina untuk terus mengawasi dan menjaga kesehatan peserta selama berlangsung kegiatan perkemahan, baik siang atau malam hari.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW