CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Tgk Dedy Masykur Sampaikan Ceramah Maulid di MIS Balohan Ie Meulee 

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 467
Rabu, 15 Januari 2020
Featured Image

Sabang (Rizl/ Vic) --- Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Balohan Ie Meulee Kota Sabang merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 H dengan menggelar ceramah agama dan khanduri (kenduri) serta pergelaran seni islami.

Acara dilaksanakan di halaman madrasah MIS Balohan Ie Meulee. Perayaan maulid ini sekaligus juga dalam rangka perpisahan dengan guru-guru MIS Balohan Ie Meulee yang pindah tugas ke madrasah lain, Rabu (15/01/2020).  

Plh Kakankemenag Kota Sabang, Zainuddin S Ag dalam kata sambutannya menyampaikan salam hangat dari Kakankemenag Kota Sabang, Drs H Marzuki yang sedang berada di Banda Aceh.

“Salam dari bapak untuk kita semua, beliau meminta maaf tidak bisa berhadir bersama kita karena sedang menjalankan dinas luar di Kanwil Kemenag Aceh,” ungkap Zainuddin.

Zainuddin mengapresiasi acara maulid yang diselenggarakan MIS Balohan Ie Meulee yang setiap tahun diselenggarakan secara bersama melibatkan seluruh keluarga besar MIS Ie Meulee, “ Rasa bangga kami juga melihat kekompakan keluarga besar MIS Ie Meulee bersama-sama menyukseskan perayaan maulid ini. Semoga dengan maulid yang kompak ini  anak-anak dapat mengambil  contoh baik dari sebuah kerjasama dalam syiar agama," tambahnya.

Kepala MIS Balohan Ie Meulee Cut Hamidah S Pd, sebelumnya menyampaikan bahwa maulid ini adalah hasil kerja sama antara pihak madrasah, komite, murid, dan wali murid.

Kemudian Cut Hamidah juga berterima kasih kepada para guru yang telah dimutasi atas pengabdian dan partisipasi mereka dalam membangun MIS Balohan Ie Meulee.

Tgk Dedi Masykur yang menjadi penceramah mengingatkan kepada wali murid dan anak-anak untuk membiasakan shalat lima waktu sejak dini. 

“Kalau sejak kecil anak-anak tidak kita biasakan untuk shalat lima waktu maka yakinlah ketika dewasa kelak tidak akan mau shalat lagi, kalau tidak shalat maka kita akan masuk neraka," ucap Dedy Masykur.

Selanjutnya penceramah juga memberikan tanya-jawab tentang sejarah Nabi Muhammad kepada anak-anak MIS Balohan Ie Meulee, mulai dari nama ayah dan ibu nabi, anak-anak nabi hingga doa sehari-hari yang sunnah untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Diingat ya anak-anak nama anak nabi kita ada 7 orang, yang perempuan berturut-turut namanya adalah Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fatimah Azzahra dan yang laki-laki adalah Qashim, Abdullah dan Ibrahim”, terang Dedy Masykur.

Di penghujung acara Kepala MIS Balohan Ie Meulee, Cut Hamidah S Pd memberikan cendera mata kepada  guru-guru yang dipindah tugaskan ke madrasah lain, dalam hal ini diwakili oleh Suriadi S Pd I sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan sumbangsih para guru selama mengajar di MIS Balohan Ie Meulee.

Maulid ini turut dimeriahkan pergelaran seni nasyid dan seni bernafaskan Islam lainnya yang ditampilan siswa-siswi MIS Balohan Ie Meulee.[]





Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh