CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Bireuen dan Baitulmal, Sosialisasikan Pengelolaan Zakat

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 502
Senin, 23 Desember 2019
Featured Image
Bireuen (Ilham Syahputra/ Frz)— Kantor kemenag Bireuen melalui seksi bimbingan masyarakat (bimas) Islam, bekerjasama dengan Baitulmal Kabupaten Bireuen menggelar kegiatan sosialisasi mekanisme pengelolaan zakat, infak, sedekah dan harga agama lainnya.
Kegiatan yang bertujuan memaparkan beberapa regulasi dan mekanisme pengelolaan zakat, infaq, sadakah dan harta agama lainnya, berlangsung sehari penuh di Aula kankemenag Bireuen, Senin (23/12/2019).
Adapun peserta kegiatan sosialisasi ini berjumlah 40 orang yang berasal dari kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Penyuluh Agama, dan kepala madrasah di lingkungan kankemenag Bireuen.
Sekretaris baitulmal Bireuen, Drs Saiful Hamdanur menjelaskan kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang beragama Islam di lingkungan unit kerja pemerintah dalam rangka menunaikan kewajibannya untuk mengeluarkan zakat pendapatan (zakat profesi) sesuai dengan tuntunan Syariat Islam.
“Baitulmal terus berusaha meningkatkan pengeloaan zakat secara profesional dan transparan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepercayaan para muzakki melalui baitulmal,” ujarnya.
Sementara pelaksana tugas kepala badan pelaksana (bapel) baitulmal Bireuen, Rizwan Sulaiman SAg mengatakan, pengelola Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merupakan ujung tombak dalam upaya meningkatkan penerimaan zakat dan infaq untuk disetorkan ke baitulmal yang selanjutnya disalurkan kepada yang berhak.
“Capaian seperti hari ini tak akan ada tanpa peran serta saudara semuanya,” ucap Rizwan di hadapat peserta sosialisasi tersebut, yang merupakan lanjutan dari kegiatan yang sama yang dilaksanakan secara bertahap.
Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini dinilai sangat penting untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan pengelolaan zakat di baitulmal, khususnya kabupaten Bireuen.
“Untuk terus meningkatkan penerimaan zakat, harus melibatkan semua pihak. Sebab dengan meningkatnya zakat dan infaq, maka akan semakin banyak kaum dhuafa yang dapat dibantu dan diberdayakan di masa mendatang,” ucapnya berharap.
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh