CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

RA Al Quran dan MAN Kota Sabang Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 448
Rabu, 18 Desember 2019
Featured Image

Sabang (Rizl/ Vic) --- Raudhatul Athfal (RA) Alquran Sabang dan Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Kota Sabang serentak memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 H yang dilaksanakan di lingkungan sekolah masing-masing. Rabu (18/12/2019)

RA Al Quran melaksanakan peringatan Maulid di halaman sekolah. Sementara MAN 1 menyelenggarakan serangkaian acara Maulid di Aula Madrasah Terpadu Cot Ba U Sabang. Seluruh keluarga besar RA dan MAN Sabang hadir untuk meramaikan syiar Islam dilingkungan sekolah masing-masing.

Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, Zainuddin S Ag dalam arahannya mengungkapkan apresiasi akan kekompakkan keluarga RA Al-Quran.

“Terima kasih sudah menggelar acara yang begitu meriah, berkat kerjasama yang baik lagi kompak, sejak diadakannya pekan kreativitas murid menjelang puncak peringatan Maulid, sehingga kegiatan berjalan sukses hingga pagi ini
Semoga melalui kegiatan ini bisa menjadi penolong kita di hari akhirat kelak,” sebut Zainuddin.

Kepala RA AlQuran, Fitriati S Pd dalam keterangannya menjelaskan, bahwa maulid ini adalah hasil kerja sama antara guru, wali murid dan siswa.

“Maulid ini sudah 3 tahun kita laksanakan berturut-turut alhamdulillah  berjalan sukses. Semoga terus ada di tahun berikutnya.  Saya ucapkan terima kasih tak terhingga atas kerja keras semua pihak dan tidak lupa saya meminta maaf bila ada kekurangan mohon dimaklumi," kata Fitriati.

Ustad Mubasirullah Lc M Ag yang menjadi penceramah dalam acara ini bercerita akan kisah Raja Abraham di negeri Yaman di masa lalu.

“Raja Abraha mengeluarkan perintah ekspedisi penyerangan terhadap Kota Mekkah, yang didukung ratusan gajah untuk menghancurkan Ka’bah. Ketika Abraha bersiap untuk masuk ke dalam kota, terlihat burung-burung ababil yang membawa batu-batu kecil dari neraka dan melemparkannya ke pasukan Abraha. Mereka lari dengan panik dan Abraha terbunuh dengan mengenaskan. Inilah salah satu  tanda-tanda luar biasa akan kelahiran Nabi kita"  ustad Mubasirullah da'i yang diundang dari Banda Aceh menjelaskan.

MAN 1 Sabang yang menggelar maulid di Aula Madrasah Terpadu, menampilkan penceramah Tgk Nurul Yasir, ia menyampaikan bagaimana rasul dan para sahabat mencari ridha Allah SWT.

“Sahabat sangat cinta akan Rasulullah, mereka melakukan apa saja untuk melindungi beliau dan mencontoh pola hidup beliau, mulai dari Abu Bakar As Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dan banyak lagi sahabat yang mencurahkan hidupnya untuk Sayyidina Muhammad Sallahualaihiwassalam," papar Tgk Nurul Yasir.

Selanjutnya Tgk Nurul Yasir juga mengingatkan para siswa untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua di rumah. 

“Uwais Alqarni menjadi ahli surga karena bakti tulus seorang Uwais kepada Ibunya, dia berjalan tegap menggendong ibunya tawaf di Ka’bah. Ibunya terharu dan bercucuran air mata telah melihat Baitullah. Di hadapan Ka’bah, ibu dan anak itu berdoa. “Ya Allah, ampuni semua dosa ibu,” kata Uwais. “Bagaimana dengan dosamu?” tanya ibunya heran. Uwais menjawab, “Dengan terampunnya dosa ibu, maka ibu akan masuk surga. Cukuplah ridho dari ibu yang akan membawa aku ke surga.” Pungkas Tgk Nurul Yasir.

Sebelumnya Nazaruddin S Ag Kepala MAN Sabang yang didampingi Ketua Panitia Drs Aiyub dan Ketua OSIM MAN Sabang Bustamam Hidayatullah ikut menjelaskan,  bahwa maulid ini selain menghadirkan wali siswa dan Komite Madrasah, juga turut diundang semua pihak yang terlibat dalam unsur Muspika dan Muspida Kota Sabang.

Ia berharap syi'ar Islam ini terus berkembang di tahun akan datang dan mendapat dukungan langsung semua pihak demi tegaknya ajaran Islam yang kaffah di Kota Sabang.



Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh