CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

IPHI Aceh Tengah Adakan Pengajian di Mesjid Qawi Kampung Kung

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 295
Kamis, 12 Desember 2019
Featured Image

Takengon (KuaPgs) --- Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Aceh Tengah mengadakan pengajian silaturrahmi di Mesjid Qawi Kampung Kung Kecamatan Pegasing pada Rabu (11/22/2019) sore.

Dalam pengajian para jamiatul hujaj tersebut selaku penceramah Kepala KUA Kecamatan Pegasing, Mahbub Fauzie SAg yang menyampaikan taushiahnya tentang upaya melestarikan kemabruran ibadah haji.

H Ali Idris Lc, salah satu pengurus IPHI Aceh Tengah yang sering bertugas sebagai pembimbing kegiatan manasik para calon haji/hajjah juga hadir dalam kesempatan itu, sekaligus memandu acara.

Kegiatan pengajian IPHI ini perlu dirutinkan setiap bulannya untuk memperat silaturrahmi antara sesama jamiatul hujaj di Aceh Tengah disamping rutin memperdalam ilmu agama dan penguatan amalan-amalan pasca haji.

Demikian Ali Idris yang diamanahi oleh Ustadz Budi Darmawan MPd untuk memandu kegiatan pengajian IPHI di mesjid Qawi itu, sehubungan ustadz Budi sedang mengikuti pembekalan sertifikasi pembimbing haji bersama Kakankemenag Aceh Tengah Drs H Amrun Saleh MA di asrama haji Banda Aceh.

Dalam taushiyahnya tentang upaya pelestarian kemabruran ibadah haji, Mahbub Fauzie mengingatkan ada tiga aspek dalam hal mengaktualisasikah haji mabrur.

Pertama aspek kepribadian, hendaknya para haji/hajjah menjadi lebih baik akhlak pribadinya. Kedua aspek ubudiyah, semakin meningkat amal ibadahnya, semakin banyak mendekatkan diri kepada Allah Swt atau taqarub ilallah.

Ketiga aspek sosial, semakin mantap peran sosialnya di lingkungannya. Keberadaannya selalu bisa bermanfaat bagi sesama. "Khairunnas, anfa'uhum linnas, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain," tegas Mahbub mengutip hadits nabi.

Selain menguraikan tentang upaya pelestarian nilai haji mabrur, Kepala KUA Pegasing juga menyampaikan informasi-informasi tentang regulasi munakahat yang perlu diketahui dan dipahami masyarakat.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh