CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Di Sabang 50 Peserta Ikuti Rekrutmen Penyuluh Agama Islam Non PNS

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 292
Minggu, 8 Desember 2019
Featured Image

Sabang (Rizl/ Vic) --- Kantor Kementerian Agama Kota Sabang melalui Seksi Bimas Islam menggelar Rekrutmen Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS. Sebanyak 50 orang peserta tercatat mengikuti seleksi yang digelar di Komplek Madrasah Terpadu MAN Sabang. Tes berlangsung Minggu pagi (08/12/2019).

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, Zainuddin S Ag dalam arahannya kepada peserta menyampaikan rekrutmen penyuluh agama Islam ini sangat transparan.

“Sejak awal, proses rekrutmen diumumkan secara terbuka di Kantor Kemenenag Sabang, selain itu juga sudah kami surati keuchik seluruh gampong serta sudah disebarkan via media elektronik seperti whatsapp dan facebook. Seleksi ini memperebutkan 8 kuota penyuluh yaitu 4 untuk Kecamatan Sukakarya dan 4 untuk Kecamatan Sukajaya Kota Sabang,” ungkap Zainuddin.

Pemantau Pelaksanaan Ujian dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Saifullah MA mengatakan pelaksanaan seleksi berlangsung dengan lancar dan tertib.

"Transparansi rekrutmen PAI Non PNS tahun ini sangat valid, proses seleksi penyuluh periode ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Kemudian pada indikator penilaian juga dengan standar yang sama. Dan Alhamdulillah di Sabang pelaksanaan ujiannya terlaksana sesuai prosedur," kata Saifullah.

Pada tahapan wawancara para peserta dinilai oleh 3 penguji yang berkompeten. Drs H Marzuki bertanggung jawab akan praktek ibadah dan shalat, Alfaizin S Pd I MM mengevaluasi wawasan kebangsaan, dan Zainuddin S Ag menilai praktek khutbah dan ceramah peserta.

Mereka yang lulus seleksi akan menjalani masa bakti sebagai penyuluh selama 5 tahun, yaitu 2020-2024. Tes seleksi penyuluh dilakukan dalam tiga tahap, seleksi administrasi, test tulis, dan wawancara.

Tes tulis terdiri dari 100 soal yang terbagi dalam tiga materi, yaitu: wawasan keagamaan, wawasan kebangsaan dan kepenyuluhan agama Islam.

Pengumuman akan disampaikan pada tanggal 23 Desember 2019 di Kantor Kementerian Agama Kota Sabang dan Website Kantor Kementerian Agama Provinsi Aceh.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh