CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Guru PAI Aceh Barat Perkaya Ilmu Pembinaan BTQ

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 817
Jumat, 6 Desember 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Aceh Barat, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) Kabupaten Aceh Barat mengadakan Pelatihan Pembinaan Baca Tulis Al quran (BTQ) bagi Pembina Rohani Islam (Rohis) di SMA/SMK Kabupaten Aceh Barat.


“Pada pelatihan ini diikuti oleh 30 Guru PAI, perwakilan SMA dan SMK di Kabupaten Aceh Barat,” sebut Ketua MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Aceh Barat, Jakfar, S.Ag.


Jakfar menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menguasai ilmu membaca dan menulis al quran dengan benar, serta mampu menerapkannya kepada siswa di sekolah.


Pelatihan yang berlangsung hingga 7 Desember 2019 tersebut, dibuka oleh Kepala Bidang PAI Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, H. Muntasyir, S.Ag., MA di aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Jumat (6/12).


Dalam sambutannya, Muntasyir mengatakan, kegiatan peningkatan kualitas dan mutu guru memang seharusnya dilakukan. Sebab pendidikan merupakan interaksi antara guru dan siswa dalam menciptakan generasi penerus bangsa.


“Banyak komponen-komponen lainnya, tetapi yang lebih utama adalah guru,” kata Muntasyir kepada peserta pelatihan.[]


Muntasyir menambahkan, guru merupakan seorang pewaris. Artinya, di belakang guru ada siswa yang nantinya akan menggantikan peran seorang guru dalam mentransfer ilmu.


“Guru PAI berperan untuk memperbaiki akhlak. Tugas utama guru harus mampu mengembangkan. Harus ada transfer ilmu pengetahuan dan transfer ilmu pendidikan kepada siswa dengan baik,” jelasnya.


Selain itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Hajidam, SH mengatakan, sejak tahun 2016 lalu, pihaknya sudah aktif dalam memberikan pembinaan kepada MGMP SMA/SMK.


“Kami berkomitmen menjadikan MGMP sebagai fokus peningkatan mutu guru. Kami akan menandatangani SKP bapak ibu jika aktif di MGMP,” ungkapnya.


Pembukaan pelatihan tersebut turut hadir Kasi PAI SMA/SMK Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Drs. Taharuddin. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag. Kasi PAI Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Barat, dan Pengawas PAI Kabupaten Aceh Barat.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh