CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Guru PAI Nagan Raya Ikut Pelatihan PKB

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 713
Rabu, 4 Desember 2019
Featured Image

Suka Makmue (Humas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya melalui seksi Pendidikan Islam menggelar pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru Pendidikan Agama Islam SD, SMP, dan SMA/ SMK se-Kabupaten Nagan Raya, Rabu (04/11).

Kegiatan dilakukan guna untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran bagi guru Pendidikan Agama Islam PNS dan non-PNS. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari 3-4 Desember berlangsung di aula kantor Kemenag setempat.

"Guru PAI harus mampu memberikan kontribusi positif dan menjadi sebagai ujung tombak pengembangan pembelajaran PAI di sekolah umum. Selain itu, diharapkan guru PAI dapat meningkatkan selalu kompetensi pedagogi kompetensi kepribadian dan kompetensi kewirausahaan", tutur Ridwan Ali selaku Kasi Pendis.

Pada tanggal 3 Desember pelatihan diberikan kepada guru PAI SD dengan peserta sebanyak 50 peserta. Pada hari selanjutnya 4 Desember pelatihan diberikan kepada guru PAI SMP dan SMA/ SMK dengan peserta sebanyak 30 orang dari guru PAI SMP dan 20 peserta guru PAI SMA/ SMK.

Rinti Jamal, S.Pd.I., MA ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk peningkatan kompetensi guru PAI terutama dalam masalah pedagogi, karena sekarang masih pada pelatihan kompetensi pedagogi 1, 2 dan 3.

"Dengan adanya pelatihan ini semoga guru PAI lebih memahami pedagogi dengan baik, terutama yang menyangkut proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam kelas", jelas Rinti Jamal.

Adapun materi yang diajarkan pada pelatihan meliputi: Karakteristik peserta didik, teori belajar, model pembelajaran, pembelajaran abad 21 dan penyusunan soal hots, penyusunan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), dan penilaian [] 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh