CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Sang Linto, Arif Maulana Juara Dua Cipta dan Baca Puisi Nasional

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1931
Rabu, 27 November 2019
Featured Image

Bandung (inmas) --- Setelah Khaira Kamila dan Akbar Miswari yang masing-masing meraih juara tiga pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, giliran Arif Maulana yang mendapatkan medali perak di ajang Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VIII 2019 di Jawa Barat.

Arif, 16 tahun, santri Dayah Jeumala Amal Pidie Jaya, berhasil menyabet meraih juara dua pada cabang lomba cipta dan baca puisi kategori putra, setelah Syahdan Hafidh dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan menyisihkan Muhammad Bagus Irawan dari Jawa Timur.

Perihal juaranya Arif disampaikan pelatih Cipta dan Baca Puisi, Zulfikar Kirbi, Rabu (27/11) di Bandung, setelah penyerahan medali kepada masing-masing pemenang.

"Alhamdulillah, Arif Maulana dari Jeumala Amal meraih juara dua lomba cipta dan baca puisi," jelasnya.

Arif Maulana yang lahir di Bireuen, 21 Juli 2003, adalah santri kelas 5 Dayah Jeumala Amal, Pidie Jaya. Ia anak ketiga dari pasangan Isfadli Yahya dan Faridah Hanum.

Arif adalah 'linto' yang mengenakan pakaian adat Aceh saat defile, parade pada pembukaan Pospenas VIII di Sport Jabar Arcamanik, Senin (25/11) lalu.

Meski belum pernah meraih prestasi sebelumnya, ia optimis mengikuti lomba cipta dan baca puisi. Apalagi, pelatihnya merupakan penyair yang sudah melanglang buana di kancah perpuisian nasional.

Ketua kontingen Aceh, Drs Djulaidi MA yang juga Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh mengatakan bahwa medali dari Arif merupakan medali ketiga untuk kontingen Aceh.

Sebelumnya, Khaira Kamila mempersembahkan medali perunggu pada cabang lomba pidato Bahasa Inggris, lalu Akbar Miswari juga menyumbang medali perunggu pada cabang pidato Bahasa Indonesia.

Menurut Djulaidi, dari beberapa cabang lomba seni yang sudah tampil, kontingen Aceh sudah tampil maksimal. Ia berharap cabang olahraga yang masih dalam babak penyisihan juga bisa masuk ke final. 

"Cabang olahraga masih babak penyisihan semua, mudah-mudahan ada dari kita yang mendapatkan medali," harapnya. 

Sebagaimana diketahui, Kemenag Aceh mengutus 45 santri untuk mengikuti Pospenas VIII tahun 2019 di Jawa Barat. Kegiatan tersebut dibuka Menteri Agama Fachrul Razi Senin (25/11) kemarin dan akan berlangsung sampai Jumat (29/11) lusa.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh