CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

DWP Kemenag Aceh Barat Dilatih Tajhiz Mayat

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1324
Jumat, 22 November 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat dilatih Tajhiz Mayat (pengurusan jenazah). Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Jumat (22/11).


Ketua Panitia Pelaksana, Irawani mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melatih anggota tentang tata cara pengurusan jenazah, mulai dari thaharah (membersihkan dari kotoran) hingga tata cara mengkafani jenazah. Menurutnya, saat ini masyarakat yang memiliki kemampuan untuk pengurusan jenazah masih sangat kurang. 


“Hal itu tentu menjadi perhatian kita untuk mengasah kemampuan tajhiz mayat sebagai fardhu kifayah,” tambahnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag mengapresiasikan pelaksanaan tajhiz mayat tersebut. Menurutnya, saat ini pembinaan tajhiz mayat di masyarakat sudah sangat langkah, dan tidak banyak orang yang mempunyai kemampuan untuk memandikan mayat.


“Kemampuan tajhiz mayat harus terus diasah. Jika tidak, siapa yang akan mengurus jenazah nanti,” katanya.


Khairul berharap, usai pelatihan tersebut, seluruh peserta mendapatkan ilmu dan memiliki kemampuan dalam mengurus jenazah. 


“Walaupun tidak seratus persen, setidaknya mampu memandikan dan mengkafani jenazah. Itu tanggung jawab yang harus kita lakukan,” tambahnya.


Selain itu Khairul menyampaikan, pengurus DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat juga harus bisa menciptakan inovasi yang dapat mengembangkan kemampuan perekonomian, dengan melahirkan kelompok usaha rumah tangga, seperti usaha catering dan lain sebagainya.


“Ke depan harus memfokuskan pada nilai entrepreneurship yang mempunyai nilai jual. Jadikan android sebagai media penghasilan kita. Promosikan produk melalui media sosial, seperti Ig, FB dan media sosial lainnya,” ungkapnya.


Pemateri kegiatan tersebut diberikan oleh Penyuluh Agama Islam Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kecamatan Johan Pahlawan, Nafsiah dan Asmawati.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh