H A Gani Lantik BWI Aceh Timur,Ini Harapan Nya...?

Kankemenag Aceh Timur 19-11-2019 14:48

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Timur)

Banda Aceh (irfan Humas) Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Aceh, Dr H A gani Isa SH,MAg melantik sembilan Pengurus dan Tiga orang Dewan Pertimbangan Perwakilan Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Aceh Timur masa jabatan 2019-2022, Acara pelantikan tersebut berlangsung di aula Kantor Kemenag Aceh Timur.Rabu (19/11/2019).

Pengurus yang dilantik yakni, Dewan Pertimbangan terdiri dari Ketua Tgk H Syahrul Bin Syama’un, Anggota Drs H Arijal M.Si, dan Tgk H Hasanuddin.

Selanjutnya, Badan Pelaksana terdiri dari Ketua Tgk HM Iqbal Hanafiah MA, Wakil Ketua Tgk Azharudin BTM SPd, Sekretaris Drs Ahmad Fauzi MA, dan Bendahara H Akly Zikrullah SAg, MH.

Dalam kesempatan tersebut Dr H A Gani Isa MAg, mengatakan setelah BWI Aceh Timur, dilantik diharapkan dapat bersinergi dengan seluruh intansi terkait seperti Baitul Mal, Dinas Syariat Islam, Kemenag Aceh Timur, dan intansi lainnya untuk menertibkan aset tanah wakaf yang lama.

“Karena aset wakaf lama didata oleh KUA melalui Akta Pengganti Akta Ikrar Wakaf (APAIW), sedangkan yang baru saat ini didata berdasarkan Akta Ikrar Wakaf (AIW), kemudian setelah itu diusulkan menjadi sertifikat tanah wakaf bekerjasama dengan BPN Aceh Timur, sehingga tanah wakaf ini memiliki dasar hukum yang kuat, sehingga tidak bisa disalahgunakan,” ungkap Dr H A Gani 

Lebih Lanjut H A Gani menyampaikan harapannya akan organisasi yang mengurusi harta wakaf.

“Wakaf adalah salah satu jalan menuju surga, dari berbagai kitab klasik telah disebutkan keutamaan harta wakaf.  Semoga dengan adanya BWI ini bisa menumbuhkembangkan budaya wakaf di Kabupaten yang di juluki Aceh Timur Bereh," harap H A Gani

H A Gani juga menjelaskan bagaimana wakaf bisa bermanfaat bagi umat. Bahkan setelah ratusan tahun harta diwakafkan manfaatnya masih terus berlanjut hingga kini.

“Habib Bugak di Mekkah adalah contoh sempurna bagaimana wakaf bisa sangat membantu umat Islam khususnya di Aceh, beliau sudah tidak ada, tapi wakaf beliau "Baitul Asyi" sampai hari ini masih bermanfaat di era kita, Insya Allah ini adalah sedekah jariah bagi beliau,"  ungkap H A Gan

Lebih lanjut Tgk HM Iqbal Hanafiah MA mengatakan pasca dilantik pihaknya akan mendata kembali administrasi tanah wakaf yang belum memiliki sertifikat wakaf, sehingga selama ini banyak disalahgunakan.

“Jadi dengan terbentuknya lembaga wakaf ini, maka seluruh tanah wakaf seperti tanah masjid, meunasah, sekolah, kita data kembali supaya administrasi kepemilikan, pengelola wakaf (nazhir) ke depan lebih jelas. Ini tugas kita untuk membenahinya,” ungkap Tgk Iqbal.

Proses pelantikan ini disaksikan oleh Asisten II Setdakab Aceh Timur, Usman A Rachman, Kadis Syariat Islam, Rusydi, penyuluh agama Islam, Pimpinan Ormas, Pimpinan Majelis Taklim, Kepala Kesbangpol Aceh Timur, Adlinsyah, dan sejumlah tamu lainnya.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW