CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

5 Madrasah di Kebayakan Simulasi UKG Serentak, Jaringan Internet Lelet

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 532
Selasa, 19 November 2019
Featured Image

Takengon (Sudrajat) -- Sebanyak 5 Madrasah di Kecamatan Kebayakan Aceh Tengah melakukan simulasi secara serentak di MTsN 2 Aceh Tengah, jaringan internet yang digunakan menjadi lelet, Senin, 18/11/19 pukul 02.00 Wib.

Lima Madrasah yang melakukan simulasi tersebut antara lain; MTsN 2 Aceh Tengah, MIS Ujung Temetas, MIN 6 Aceh Tengah, MIN 7 Aceh Tengah, dan MIN 19 Aceh Tengah. Setidaknya dari lima madrasah tersebut ada 92 guru yang turut dalam simulasi UKGM lengkap dengan membawa laptop masing-masing.

Penuturan ketua K2M MTs, Drs Abd Rahman bahwa kegiatan simulasi yang dilaksanakan selain untuk melancarkan guru dalam menjawab soal, juga memastikan perangkat komputer yang di bawa guru dapat terkoneksi dengan internet serta beberapa aplikasi yang disarankan untuk digunakan pada hari H pelaksanaan UKGM sudah terinstal di laptop peserta.

"Tujuannya simulasi ini ada empat, pertama untuk memastikan konektivitas hostpot dari HP ke laptop karena nanti masing-masing peserta membawa sendiri perangkat ini, jangan sampai waktu pelaksanaan laptopnya tidak bisa terkoneksi dengan internet. Kedua, cek data peserta, untuk mengecek data kepesertaan UKGM, asal sekolah, tempat ujian. Ketiga cek aplikasi web browser yang di sarankan tim UKGM terinstal di laptop peserta yaitu Mozila Firefox. Keempat simulasi UKGM", demikian jelas Drs. Abd Rahman yang juga menjabat sebagai kepala MTsN 2 Aceh Tengah

Lanjutnya, Kegiatan ini diadakan, agar guru yang ikut UKGM dapat mengetahui program apa yg di pakai dalam UKGM, bagaimana cara koneksi hosfot ke laptop. Kemudian  guru dapat berlatih melalui laman UKGM, simulasi. Hasilnya, guru mampu mengoprasikan laptop untuk persiapan UKGM tanggal, 21/11/2019 ", tutur Drs. Abd Rahman yang pada saat itu bersama kepala MIS Ujung Temetas Ali Hasan, S.Pd.I

Harapnya,  melalui kegiatan simulasi ini, guru yang sudah terdaftar menjadi peserta Uji Kompetensi Guru Madrasah dapat menjawab soal-soal pada hari pelaksanaan, dan mendapat hasil yg baik", pungkas Dra. Abd Rahman

Simulasi yang yang berjalan selama 3 jam tersebut di pandu oleh Bimantara, S.Pd.I selaku operator pelaksanaan UKGM, Guru sangat antusias mengikuti simulsi. bahkan dari MIN 19 Aceh Tengah dari Bintang turut hadir walau jaraknya cukup jauh sekita 26 Km atau sekira 2 jam perjalanan.

Dikonfirmasi oleh Bimatara, S.Pd.I  saat simulasi di mulai, jaringan internet yang di gunakan guru sempat melambat atau bahasa internetnya "lelet", menurutnya hal ini dikarenakan guru menggunakan akses wifi yang sama, artinya satu android sebagai sumber internet di gunakan beberapa orang bersamaan, ada juga yang menggunakan wifi madrasah bersamaan sehingga jaringan internetnya melambat.

Untuk mengantisipasi internet melambat menurut Bimatara, S.Pd.I peserta di harapkan menggunakan satu sumber internet yaitu modem atau ponsel android untuk satu laptop yang di gunakan pada saat UKGM.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh