CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Gerakan Pramuka Wadah Pengembangan Diri dan Akhlak Mulia

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 561
Jumat, 15 November 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Gerakan Pramuka pada hakikatnya merupakan pendidikan non formal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri, serta pembangunan akhlak mulia, guna melahirkan kader-kader Pemuda yang tangguh dan cerdas, sebagai pewaris estafet kepemimpinan bangsa.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi, S.Ag saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Perkemahan Saka Wira Kartika Kodim 0105 Aceh Barat di Paya Peunaga Meureubo, Jumat (15/11).


Suhadi mengatakan, kegiatan Persami Saka Wira Kartika merupakan salah satu kegiatan gerakan pramuka untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan, yaitu pemimpin berkepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa dan negara indonesia.


Selain itu Ia menambahkan, dalam tatanan dunia global, bangsa dan negara membutuhkan kaum pemuda-pemudi yang memiliki rasa cinta tanah air, kepribadian yang kuat dan tangguh, rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi, kejujuran, toleransi, kemampuan bekerja sama, tanggung jawab, serta kedisiplinan untuk membela dan membangun bangsa yang besar.


Suhadi menjelaskan, generasi muda merupakan agen perubahan, diharapkan mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk memahami lingkungan sekitar dan memiliki wawasan pengetahuan yang lebih luas. Generasi muda juga harus memiliki semangat berjuang (fighting spirit) untuk mendorong perubahan baik dalam diri sebagai individu maupun dalam kelompok masyarakat.


"Sehingga diharapkan memiliki kemampuan yang mandiri dan unggul dalam berkompetisi demi meraih kemajuan masyarakat di wilayahnya," jelasnya.


Suhadi berharap, kegiatan Persami Saka Wira Kartika dapat meningkatkan dan mengembangkan gerakan Pramuka sebagai salah satu kegiatan awal pendidikan pendahuluan bela negara dan wadah pembinaan karakter  generasi muda bangsa dengan materi dasar yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida mountaineering, Krida survival dan Krida penanggulangan bencana.


"Dalam hubungan ini, nantinya persami saka wira kartika ini, tak bisa dilepaskan dari upaya kita untuk mewujudkan ketahanan nasional yang mantap, sehingga selalu siap dalam menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) yang menghadang di depan kita," ungkapnya.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh