CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Sebarluaskan Sosialisasi, Kemenag Aceh Helat Wakaf Goes to Campus

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 290
Rabu, 13 November 2019
Featured Image
Banda Aceh (Inmas)---Guna meningkatkan sosialisasi wakaf untuk kalangan millenial, Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) menggelar kegiatan Wakaf Goes to Campus angkatan pertama, di aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)  Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Rabu (13/11).

Sosialisasi tersebut dibuka Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh dan dihadiri Dekan Febi, Dr Zaki Fuad MAg dan Kabid Penaiszawa Drs H Azhari.

Dalam sambutannya Kakanwil memaparkan beberapa alasan diadakannya acara Wakaf Goes to Campus.

Menurut Kakanwil, generasi terdidik berasal dari perguruan tinggi, memiliki kesadaran keberagaman yang tinggi, dan juga melek teknologi digital. "Hal ini menjadi dasar terselenggaranya acara Wakaf goes to Campus, semoga seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Kakanwil.

Dikatakannya, kita ingin memberikan pemahaman yang benar bahwa wakaf itu bukan hanya benda mati seperti masjid, kuburan, madrasah. 

"Banyaknya potensi wakaf produktif dapat dimanfaatkan mahasiswa, apabila mahasiswa mau terlibat dan ikut andil dalam mengelola harta wakaf," sebutnya.

Kakanwil menjelaskan, pengelola harta wakaf juga mesti punya kreativitas. Dengan kreativitas, nilai wakaf akan tumbuh dan berkembang.

Ia berharap melalui sosialisasi tersebut bisa melahirkan generasi perwakafan yang profesional, paham betul terhadap perwakafan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry, Dr Zaky Fuad MAg sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap kegiatan Wakaf Goes to Campus dapat memberi peluang kepada mahasiswa untuk memperoleh informasi yang lebih banyak tentang wakaf dan manfaatnya bagi masyarakat.

Selain itu, menurut Zaky, kampus juga bisa diberdayakan untuk turut mensosialisasi dan meningkatkan pemahaman tentang wakaf.

Fuad mengatakan, harta wakaf di Indonesia belum sepenuhnya dimaksimalkan pemanfaatannya. Karena itulah, pihaknya terus bekerjasama dengan berabagai stakeholder’s yang berkecimpung dalam pemberdayaan dan pengelolaan wakaf.

Sementara Kabid Penaiszawa Drs H Azhari mengatakan Wakaf Goes to Campus ini bertujuan mensosialisasikan wakaf kepada mahasiswa di Aceh serta meningkatkan kesadaran dan minat wakaf.

Selanjutnya Kakanwil juga bertindak sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut. Tampak Civitas akademika dan mahasiswa serius serta antusias menyimak materi yang disampaikan Kakanwil.[]

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh