CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Barat Beri Bimtek Sistem Informasi Bagi Operator KUA

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 930
Kamis, 31 Oktober 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat memberikan bimbingan teknis (Bimtek) sistem informasi dan administrasi Kantor Urusan Agama (KUA) kepada operator KUA.


Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag, Kamis 31 Oktober 2019.


Panitia Pelaksana, Mukhtarudin, S.HI mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membina dan meningkatkan pengetahuan operator di Kantor Urusan Agama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal, melalui sistem digitalisasi.


“Di era teknologi informasi ini, layaknya setiap pegawai harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” katanya.


Ia menyebutkan, peserta kegiatan tersebut sebanyak 24 orang, terdiri dari 12 Kepala dan 12 operator KUA di 12 kecamatan Kabupaten Aceh Barat.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag mengatakan, pegawai Kemenag harus memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal dengan menjadikan tanggung jawab dalam menciptakan teknologi demi kepentingan umat.


"Seluruh pegawai harus bisa teknologi, terutama operator. Karena saat ini operator tidak lagi menggunakan kertas, tapi sudah serba menggunakan digitalisasi," ungkapnya.


Menurutnya, saat ini aplikasi pelayanan masyarakat sudah semakin banyak dikembangkan. Hal tersebut tentu menuntut semua pegawai, khususnya operator untuk menguasainya dengan baik.


"Jika tidak, semua kegiatan kantor tidak akan berjalan dengan baik," ungkapnya.


Ia menjelaskan, menurut survei, saat ini pelayanan di KUA masih rendah, dikarenakan masih kurangnya tenaga yang profesional dalam mengelola administrasi. 


"Masyarakat yang kita layani harus puas, maka tingkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Jangan malu dikritik, karena itu menjadi evaluasi kita dalam meningkatkan kinerja," pesannya.


Khairul berharap, semua pegawai Kementerian Agama mampu berinovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan dan pengembangan diri.


"Kita membutuhkan inovasi dan tradisi terbaik untuk generasi," pungkasnya.


Adapun narasumber kegiatan tersebut yaitu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag. Kepala KUA Kecamatan Meureubo, Kamil Syafruddin, Lc. Operator KUA Kecamatan Samatiga, Teuku Nazliansyah, dan Operator KUA Kecamatan Johan Pahlawan, Khairianto.


Kegiatan tersebut turut hadir, Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Batat, Drs. H. Jakfar. Kasi Bimas Islam, Drs. Mulyadi. Kasi PAI, Iswandi, S.Pd.I. Kasi PHU, Drs. Tharmizi, dan Kara Zakat dan wakaf, Irwadi, SE.[] 


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh