CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kemenag Aceh Barat Sosialisasi Pretes PPG PAI

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 757
Kamis, 31 Oktober 2019
Featured Image

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Menjelang pelaksanaan Pretest Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, melalui Seksi Pendidikan Agama Islam mengadakan sosialisasi tentang pedoman dan tata cara pelaksanaan pretest PPG bagi guru PAI di Kabupaten Aceh Barat.


Sosialisasi tersebut berlangsung di aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat, Kamis 31 Oktober 2019.


Kepala Seksi PAI Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Iswandi, S.Pd.I mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 110 guru PAI di Kabupaten Aceh Barat, meliputi guru PAI Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK).


“Jumlah tersebut merupakan total dari 419 guru PAI yang belum sertifikasi,” jelasnya.


Iswandi menjelaskan, peserta pretest PPG tersebut langsung diseleksi dari akun sistem informasi dan administrasi (Siaga) Guru PAI, dengan ketentuan memiliki Surat Keputusan (SK) Pengangkatan di bawah tahun 2015. Pelaksanaan pretest PPG PAI Kabupaten Aceh Barat akan dilaksanakan di SMKN 1 Meulaboh pada 4 November 2019. 


“Pretest PPG akan dilakukan dengan Sistem Computer Based Test (CBT),” jelasnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag menyampaikan kepada peserta pretest untuk mempersiapkan diri secara matang dengan mengikuti berbagai simulasi, baik di bidang pedagogik maupun profesionalisme dalam proses pengajaran.


“Pertanyaan pedagogik lebih pada intelektual dan perasaan dalam menjawab, ditambah dengan soal kepribadian dan tes potensi akademik,” jelasnya.


Selain itu Khairul mengungkapkan, seorang guru harus menjadikan proses belajar mengajar sebagai amanah dalam mengembangkan kemampuan peserta didik dengan baik.


“Untuk menjalankan amanah tersebut, seorang guru harus mempunyai target mengajar,” ungkapnya.


Khairul menjelaskan, saat ini seorang guru dituntut untuk menguasai teknologi dalam melakukan pengembangan diri dan mentransfer ilmu kepada peserta didik. Menurutnya, generasi milenial pada era digitalisasi ini, harus disesuaikan dengan teknologi yang berkembang.


“Karena hampir semua generasi milenial saat ini sudah menggunakan digitalisasi,” jelasnya.


Ia berharap, semua peserta pretest PPG PAI dari Aceh Barat mendapatkan nilai terbaik, dan dapat mewakili Kabupaten Aceh Barat pada kegiatan PPG untuk mendapatkan sertifikat pendidik.


Sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Pengawas PAI, Drs. Marzuki, dan Haryadi, BA.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh