CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Tingkatkan Pelayanan Nikah, Kakankemenag Monev Ke KUA Nisam Antara

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 530
Kamis, 31 Oktober 2019
Featured Image

Lhoksukon (Masnoer)---Sebagai upaya meningkatkan pelayanan nikah di masyarakat, Kepala Kantor  Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Utara H. Salamina, MA melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nisam Antara, Kamis (31/10)

H. Salamina, MA menyatakan monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk melihat kondisi riil di lapangan terhadap keberadaan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai garda terdepan Kementerian Agama dalam memberikan informasi dan penyuluhan tentang keagamaan di masyarakat.

“Monev ini juga bermaksud untuk penertiban laporan peristwa nikah dan rujuk, pengadministrasian yang baik, pencatatan peristiwa nikah dengan tertib melalui aplikasi SIMKAH, data rumah ibadah, pendidikan, tanah wakaf, pustaka Masjid dan kedisiplinan kinerja pegawai serta kerja yang profesional demi menjaga integritas yang matang di lingkungan KUA,” jelasnya,

Dikatakannya, Monitoring dan Evaluasi tersebut dilaksanakan oleh tim yang sudah ditunjuk oleh Seksi Bimas Islam Kankemenag Aceh Utara. Seluruh KUA Kecamatan se Aceh Utara akan mendapat kunjungan yang sama untuk melihat secara langsung bagaimana pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan terhadap masyarakat.

“Monev adalah salah satu upaya kami mendorong dan memaksimalkan bentuk pelayanan  KUA ke masyarakat. Jika masyarakat puas berarti KUA telah menjalankan fungsinya dengan baik dan benar,” tandas H. Salamina

Pihaknya berharap kepada seluruh pegawai yang ada di KUA Kecamatan untuk senantiasa meningkatkan kinerja dan kapasitasnya selaku abdi negara dan abdi masyarakat sekaligus lakukan pengawasan terhadap kegiatan keagamaan yang ada di lingkungannya sekitar.

“Apalagi saat ini dikhawatirkan akan kegiatan keagamaan yang menjurus kepada ajaran aliran sesat dan menyebarnya paham radikalisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala KUA Kecamatan Nisam Antara Ismuhar, SH.I mengatakan catatan dan masukan dari tim Monev akan ditindaklanjuti untuk dilengkapi dan disempurnakan guna meningkatkan kepuasan di masyarakat.

“Mudah-mudahan kami bisa bekerja secara cerdas, cermat, cepat, ikhlas dan tuntas seperti yang diharapkan menuju pelayanan prima KUA Kecamatan agar masyarakat bisa puas dalam menerima layanan,” ungkapnya. 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh