CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Memperingati Hari Santri Nasional, Kankemenag Aceh Selatan Adakan Perlombaan MQK

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 865
Sabtu, 26 Oktober 2019
Featured Image

Tapaktuan (Dedi Armansyah)--- Dalam rangka memperingati hari santri nasional tahun 2019, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Selatan, melaksanakan perlombaan Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK), di kompleks kantor setempat, Sabtu (26/10).

Perlombaan MQK dimaksud diikuti ratusan santri dalam Kabupaten Aceh Selatan, mulai dari marhalah (tingkat) Ula, marhalah Wustha, sampai marhalah Ulya.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD.Pontren) Khairuddin S Ag MA, disela sela kegiatan mengatakan bahwa MQK ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman para santri tentang qiraatul kutub baik disegi makhra', panjang pendek, intonasi, bentuk sharf, harakat i'rab, terjemahan, kandungan dan juga wawasan.

Bidang lomba yang dilombakan pada marhalah Ula Kitab Fiqih, Tarikh, marhalah Wustha Kitab Fiqih, Akhlaq, dan Tarikh, sedangkan marhalah Ulya Kitab Fiqih, Akhlaq, serta Tauhid, imbuhnya.

Beliau juga menjelaskan dewan hakim perlombaan MQK ini dipilih dari berbagai Pondok Pesantren yang sudah berpengalaman dan profesional serta cakap dalam bidangnya, sehingga menghasilkan santri yang hebat, santri yang taat.

Disamping itu, kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan juga sebagai penguatan kompetensi Tengku atau tenaga pengajar, serta juga melihat target kurikulum yang sudah diterapkan di pondok pesantren masing masing, sesuai dengan peraturan Gubernur Nomor 47 tahun 2010, sekaligus bagaimana kebijakan instansi terkait untuk menata pondok kedepan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang berdasarkan pemahaman keagaman yang mapan, sehingga santri untuk perdamaian dunia terealisasi, tambahnya.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh