CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Monev Ke KUA Cot Girek, Kakankemenag Berpesan Jalankan Tugas Sesuai Tusi

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 746
Senin, 21 Oktober 2019
Featured Image

Lhoksokon (Masnoer)---Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Uatara H. Salamina, MA melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Triwulan III (Tiga) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cot Girek, Senin (21/10)

Monev yang dilakukan Kepala Kankemenag  ini merupakan program rutin yang biasa disebut dengan pemeriksaan triwulan atas kegiatan pelayanan administrasi nikah dan pelayanan pelayanan kepuasan masyarakat serta kegiatan lainnya di seluruh Kantor Urusan Agama Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Lebih dari itu, tim monitoring yang dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Aceh Utara juga melakukan pembinaan dan pengawasan di bidang kepegawaian, bidang pelayanan nikah, serta pembukuan administrasi pencatatan Nikah dan Rujuk.

H. Salamina menjelaskan Monev triwulan ke tiga tentang pembinaan KUA. Monev bersifat pembinaan tugas dan fungsi meliputi: stoke buku nikah, sarana prasarana, infentaris, pengumuman Kehendak Nikah, data lembaga pendidikan dan rumah ibadah, tanah wakaf serta layanan masyarakat.

"Kedepan audit dilakukan tentang pelaksanaan Tugas dan Fungsi (Tusi) bukan lagi kinerja. ASN melaksanakan tugas sesuai Tusi bukan hanya pada volume kerja, artinya setiap ASN menjalankan tugas sesuai Tusi. Seorang ASN melaksanakan tugas sesuai Tusi pada SK JFU, jelasnya

Kakankemenag berharap KUA menjadikan pusat layanan informasi keagamaan meliputi haji, nikah, pendidikan, zakat,  konsultasi agama,  kerunan umat beragama dan data keagamaan, serta untuk selalu meningkatkan kinerja dan kapasitas selaku abdi negara dan abdi masyarakat. 

"KUA merupakan unit kerja Kementerian Agama yang secara institusional berada paling depan dan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat di bidang keagamaan, saya berharap kepada pegawai yang ada di KUA berilah pelayanan terbaik kepada masyarakat santun dalam ucapan dan puas dalam pelayanan." pesannya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Cot Girek Adabi, S. Ag menyambut baik kedatangan Tim Monev dari Kabupaten.

Dengan adanya monitoring dan evaluasi tersebut, maka apabila ada kegiatan yang belum sempurna di KUA Cot Girek bisa ditindaklanjuti untuk dilengkapi dan disempurnakan. "Mudah-mudahan kami bisa bekerja secara cerdas, cermat, cepat dan tepat", ujarnya. 

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh