CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kankemenag Nagan Raya Sosialisasi E-RKAM

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 315
Kamis, 10 Oktober 2019
Featured Image

Suka Makmue (Humas) – Bidang Pendidikan Madrasah Islam KantorKementerian Agama Kabupaten Nagan Raya menggelar kegiatan sosialisasiElektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (E-RKAM) berbasis web di aula KantorKementerian setempat, Rabu (9/10).

Sosialisasi E-RKAM turut dihadiri oleh Kepala KankemenagNagan Raya Drs. H. Amiruddin Husein, MA, kasi Pendidikan Madrasah Drs. RidwanAli, M.Pd.

“Yang menjadi peserta pada sosialisasi E-RKAM ini adalahseluruh kepala madrasah dan operator tingkat Madrasah Ibtidaiyah, MadrasahTsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang ada dilingkungan Kantor Kementerian AgamaKabupaten Nagan Raya”, ujar Kasi Pendis.

“Tujuan kita sosialisasi E-RKAM adalah sebagai wujudakuntability dana BOS dan akan memudahkan atau memonitor kualitas pembelajaranmadrasah, sehingga pihak madrasah mempunyai dasar perencanaan dan dasaranggaran untuk pelaksanaan dana BOS yang akan di isi dalam aplikasi E-RKAM”,terang Amir Salim, SE selaku staf Pendis yang membidangi E-RKAM.

“Dengan adanya aplikasi E-RKAM berbasis online dimulaidari proses perencanaan anggaran sampai dengan proses penyerapan anggaranmadrasah, sehingga tanggung jawab dibebankan kepada kepala madrasah dari semuaproses perencanaan sampai dengan belanja madrasah. Karena kepala madrasah sebagaivaliditator dan juga sebagai fasilitator, sebagai kepala madrasah agar bisamenggunakan teknologi IT. Peran kepala madrasah dan operator sangat tergantunguntuk kelancaran pengisian E-RKAM ini”, tambahnya.

Aplikasi E-RKAM merupakan sistem informasi pengelolaanpendapatan dan belanja madrasah berbasis elektronik (online) yang digunakanuntuk menyusun Rencana Anggaran Kerja Madrasah (RKAM) dimulai dari prosesperencanaan anggaran sampai dengan prosese penyerapan Anggaran Madrasah.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh