Tingkatkan Mutu Guru, MTsN 1 Bireuen Sosialisasikan UKG Online

Kankemenag Bireuen 09-10-2019 17:17

Kasi penmad, Azhary MPd sedang memvuka acara (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Bireuen)
  • Bireuen (Farizal)--- Dalam rangka meningkatkan mutu guru di lingkungan kankemenag Bireuen, MTsN 1 Bireuen menggelar kegiatan sosialisasi Uji Konpetensi Guru (UKG) berbasis online. Kegiatan juga dirangkai dengan sosialiasi Elektronik Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (E-DUPAK), dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) suplemen.
    Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh kepala kankemenag Bireuen, yang diwakili oleh kasi pendidikan madrasah (penmad) Azhary MPd, pada Rabu (9/10/2019) diikuti oleh 60 guru madrasah tersebut, plus empat guru MIN perwakilan gugus Gandapura dan Kuta Blang.
    Kasi penmad dalam arahannya menyampaikan pentingnya upaya peningkatan mutu guru dalam rangka meningkatkan prestasi dan hasil belajar peserta didik.
    “Langkah ini merupakan salah satu amanah undang-undang yang harus dilaksanakan oleh guru dan pengelola madrasah khususnya,” tegas Azhary.
    Sementara itu, kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) kanwil kemenag Aceh, Zulkifli MPd selaku pemateri menyampaikan pentingnya pemetaan ketenagaan pendidikan, khususnya yang ada di lingkup kanwil kemenag Aceh saat ini. Termasuk penataan sistem manajeman kepegawaian, lanjutnya.
    Menurutnya, hal ini sangat penting dilakukan karena terkait dengan rencana tindak lanjut kebijakan yang akan diberlakukan terhadap ketenagaan pendidikan sebagai upaya peningkatan mutu.
    “Untuk pemetaan dan penataan tersebut, kita sudah memiliki sistem berbasis online seperti untuk kegiatan UKG, usul penetapan angka kredit pegawai (E-DUPAK-red), dan penilaian guru,” ungkap Zulkifli.
    Untuk urusan kenaikan pangkat pegawai yang selama ini terkendala, juga penting diurus. Karena itu, paparnya, ke depan kita sudah memiliki sebuah aplikasi E-DUPAK, yang nantinya diharapkan dapat membantu memudahkan proses pengusulan kenaikan pangkat para pegawai.
    Kepala MTsN 1 Bireuen atau MTsN model, Sabri Agani SPd berharap peserta kegiatan ini supaya menjadi penyebar informasi bagi teman-teman guru yang lain. Termasuk perwakilan peserta dari MIN gugus Gandapura dan Kuta Blang yang diundang khusus mengikuti kegiatan, harapnya.
Kategori Informasi dan Humas Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW