CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Meriahkan Tahun Baru Islam, MAN 5 Bireuen Gelar Lomba Siswa

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 796
Rabu, 18 September 2019
Featured Image
Bireuen (Abdullah/ Frz)-- Dalam rangka memeriahkan peringatan tahun baru Islam, 1 Muharram 1441 H, MAN 5 Bireuen menggelar lomba siswa berupa lomba khutbah jumat dan ceramah. Kegiatan berlangsung di halaman madrasah tersebut pada hari Rabu dan Kamis 18 -19 September 2019.
Kepala MAN 5 Bireuen, Abdullah SAg MPd disela-sela acara mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan siswa-siswi tentang momentum tahun baru Islam dan sejarah yang pernah terjadi pada bulan Muharram.
"Selama ini masih banyak yang belum tahu sejarah tahun baru Islam, bahkan bagaimana perjuangan Rasullah SAW dalam melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Selain itu, juga sekaligus menjadi sarana untuk introspeksi diri dan memperbanyak amal ibadah," ungkap Abdullah. 
Ia menambahkan, peserta lomba khutbah jumat dikhususkan bagi siswa-siswa yang diwakilkan dua peserta setiap kelas. Sedangkan pidato/ ceramah agama dikhususkan untuk siswi-siswi yang juga diwakilkan oleh dua peserta setiap kelasnya.
Menurut Abdullah, isi materi khutbah jumat dan pidato dibatasi hanya tentang sejarah dan peristiwa yang terjadi pada bulan Muharram, dan makna Hijrah yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Lebih lanjut Ia berharap, kegiatan lomba ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkhutbah dan berpidato. Pada akhirnya para siswa diharapkan mampu terjun ke masyarakat untuk menjadi pendakwah, menyampaikan kebaikan-kebaikan di tengah ummat ini.
Amatan media ini, para peserta dan siswa sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan tersebut. Apa apalagi kegiatan yang mendapat dukungan dan apresiasi dari komite madrasah ini baru pertama sekali dilaksanakan di MAN 5 Bireuen ini, terang Abdullah.
Peraih peringkat satu lomba kepala madrasah berprestasi tahun 2019 itu, menambahkan bahwa kegiatan seperti ini akan menjadi agenda tahunan madrasahnya dalam memperingati hari-hari besar Islam (PHBI).
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh