CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Dua Jemaah Haji Aceh Masih Dirawat di Arab Saudi

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 523
Sabtu, 14 September 2019
Featured Image

Banda Aceh (inmas) --- Menjelang kepulangan kelompok terbang (kloter) terakhir jemaah haji Aceh dari Madinah, dua jemaah, sampai Sabtu(14/9),  masih dirawat di Arab Saudi, yaitu Aminah Muhammad Aji dan Mat Budin Abdul Latif.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi/Debarkasi Aceh, Drs H M Daud Pakeh, berdasarkan laporan dari panitia kesehatan asrama haji, dr Maya Sofia.

"Masih ada dua jemaah kita yang dirawat di Arab Saudi. Mudah-mudahan bisa pulang bersama kloter terakhir hari ini," jelas Daud Pakeh.

Aminah Muhammad Aji (61 tahun) dari Aceh Utara, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 harus dimutasi dan pulang bersama kloter 12 karena masih dirawat di Rumah Sakit (RS) Al Ansaar, Madinah pasca rawatan karena infeksi paru-paru. Jamaah juga menderita hipertensi, darah manis dan kepikunan.

Rencananya, Aminah akan dievakuasi langsung oleh tim medis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) ke Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) dan pulang ke tanah air jam 16.45 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sementara Mat Budin (99 tahun) dari Aceh Tamiang yang merupakan jemaah tertua se-Aceh tahun ini, tergabung dalam kloter 7. Ia dirawat di RS King Faisal sejak 18 Agustus lalu karena didiagnosa radang paru-paru kronis (COPD), gagal ginjal kronis (CKD) dan detak jantung yang tidak teratur. 

Mat Budin masih belum direkomendasikan pulang karena masih tidak sadar. Saat ini ia sedang dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) RS King Faisal dengan alat bantu pernapasan dan pemasangan selang nasogastrik (NGT).

Sementara itu, humas PPPIH, M Nasril mengatakan bahwa kloter terakhir jemaah haji Aceh dijadwalkan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Minggu (15/9) besok. Kloter 12 berangkat sebanyak 367 jemaah dari 18 kabupaten dan kota di Aceh. Selain empat orang telah meninggal dunia di Arab Saudi, rata-rata jemaah berusia lanjut dan berisiko tinggi, 49 di antaranya menggunakan kursi roda.[]


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh