CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Jemaah Haji Kloter 7 Tiba di Aceh, Empat Orang Dirujuk ke RSUZA

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 390
Senin, 9 September 2019
Featured Image

Banda Aceh (inmas) --- Jemaah Haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 tiba di bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ), Senin (9/9) malam. Kloter 7 didominasi jemaah dari Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Banda Aceh.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, Drs H M Daud Pakeh menjelaskan bahwa tiba di bandara SIM, jam 22.12 Waktu Indonesia Barat (WIB) setelah lepas dari Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) jam 12.20 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Alhamdulillah, jemaah haji kita dari kloter 7 telah mendarat di Bandara SIM, tadi jam 22.12 WIB," jelas Kakanwil.

Menurutnya, jemaah yang tiba malam ini sebanyak 391 orang, dengan rincian 162 jemaah laki-laki dan 229 perempuan. 

Dua orang jemaah, Syamsul Bahri Sikep dan Nilawati Marimin Sutoruno mutasi keluar dan telah kembali bersama kloter 2, Rabu (4/9) lalu dan satu orang, Mat Budin bin Abdul Latif masih dirawat di Rumah Sakit (RS) King Faisal, Mekah. Satu jemaah dari kloter 10, Aisyah Angkasah Teuku Adat mutasi masuk dan ikut pulang bersama kloter 7.

"Tidak ada jemaah kita yang wafat, tapi masih ada satu yang dirawat di RS King Faisal," tambah Kakanwil.

Mat Budin (99 tahun) dari Aceh Tamiang yang merupakan jemaah tertua se-Aceh tahun ini, dirawat di RS King Faisal sejak 18 Agustus lalu karena didiagnosa menderita radang paru-paru, gagal ginjal kronis (CKD) dan detak jantung yang tidak teratur. Saat ini ia sedang dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) King Faisal Hospital.

Selain itu, panitia kesehatan debarkasi Aceh, Dokter Maya Sofia mengatakan ada empat jemaah kloter 7 yang dirujuk Rumah Sakit Umum dr Zainal Abidin (RSUZA), dan lima orang dirawat di klinik kesehatan asrama haji.

"Empat orang kita rujuk ke RSUZA untuk mendapat rawatan lanjutan," kata dr. Maya.

Adapun jemaah yang dirujuk ke RSUZA adalah Zulfikar bin M Ali Assaidy (46 tahun) dan Mardiana (53 tahun) dari Banda Aceh, serta Rosmawati A Aziz (52 tahun) dan Zaiyah S (55 tahun) dari Aceh Tamiang.

Zulfikar didiagnosa gagal ginjal kronis (CKD), hipertensi dan kelebihan kadar gula darah (DM tipe 2) dan dirawat di bagian interna RSUZA sedangkan Mardiana dikonsulkan ke bagian neurologi karena didiagnosa sakit kepala dan hipertensi. Rosmawati dirawat di bagian pulmonologi karena demam tinggi dan sesak napas sedangkan Zaiyah dikonsulkan ke bagian kardiologi karena tekanan darah yang melonjak tiba-tiba. 

Sementara itu, humas PPPIH, M Nasril mengatakan bahwa sudah 2.730 jemaah haji yang tiba di Aceh, masing-masing 392 jemaah kloter 1, 388 jemaah dari kloter 2, 391 jemaah kloter 3, 388 jemaah dari kloter 4, 388 jemaah kloter 5, 392 jemaah kloter 6 dan 391 jemaah dari kloter 7.

"Jemaah kita di Arab Saudi tinggal 1.922 orang lagi, karena 14 orang telah meninggal dunia. Insya Allah, Rabu (11/9) dinihari besok, jemaah kita dari kloter 8 juga akan tiba di Aceh," jelas Nasril. []

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh