Guru Harus Mampu Mengoperasikan TIK

Kankemenag Aceh Barat 09-09-2019 15:48

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Barat)

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) --- Seorang guru harus mampu mengoperasikan Teknologi informasi komunikasi (TIK) secara benar. 


“Tanpa pengetahuan tentang IT, seorang guru tidak bisa berbuat apa-apa di sekolah,” kata Bupati Aceh Barat, melalui Asisten 2, Marhaban, SE saat membuka Bimtek Pengisian Rapor dan PTK guru SD dan MI se Kabupaten Aceh Barat, di aula Setdakab Aceh Barat, Senin (9/9).


Marhaban menambahkan, di era perkembangan zaman yang semakin canggih, seorang guru dituntut untuk mampu mengelola TIK dengan baik, karena semua kegiatan di sekolah sudah serba menggunakan TIK.


Marhaban menyampaikan kepada Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Barat, untuk terus memberikan pelatihan TIK kepada seluruh guru di Kabupaten Aceh Barat, terutama kegiatan pengisian administrasi guru, seperti, laporan, dapodik, dan lain sebagainya.


Selain itu Marhaban menyampaikan, seluruh sekolah di Kabupaten Aceh Barat perlu menerapkan sistem yang telah ada, yaitu sistem K13 dan harus mampu melaksanakan tugas-tugas yang telah diberikan.


Ia mengatakan, selain guru, kepala sekolah juga dituntut untuk menguasai TIK dan tidak mengharapkan pengisian administrasi sekolah dari operator saja, namun juga harus mampu menilai apa yang dikerjakan oleh operator tersebut.


“Alangkah anehnya jika masih ada kepala sekolah yang tidak mampu mengoperasikan komputer. Apa yang akan diperiksa pada operator nantinya?,” pungkasnya. 


Peningkatan Pendidikan Dimulai Dari Guru


Sementara itu, Marhaban menambahkan, peningkatan pendidikan di Kabupaten Aceh Barat harus dimulai dari seorang guru. Sebab seorang guru merupakan suri tauladan bagi anak didik. Seorang guru juga harus menunjukkan sikap yang baik dan disiplin, serta menjadi Tut wuri handayani.


“Karena disiplin yang paling diutamakan,” ucapnya.


Selain itu, Ia menambahkan, untuk meningkatkan mutu guru, Pemerintah Daerah melalui MPD akan memberikan kesempatan kepada guru di Kabupaten Aceh Barat untuk melanjutkan pendidikan dengan menyediakan beasiswa S1, maupun S2.


Bimtek yang dilaksanakan hingga (11/9) tersebut diikuti oleh 150 guru SD dan MI se Kabupaten Aceh Barat. 


Pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Drs. Ridwan Yahya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Suhadi, S.Ag, Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs. H Jakfar, Ketua MAA, dan unsur Pemerintah Kabupaten Aceh Barat lainnya. []

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW