Asisten II Lepas Kontingen Pentas PAI Kabupaten Aceh Selatan

Kankemenag Aceh Selatan 09-09-2019 11:36

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Selatan)

Tapaktuan (Dedi Armansyah) --- Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam hal ini digantikan oleh Asisten II Zaini Bakri, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Selatan Rislizar Nas S Ag melepaskan Kontingen Pekan Pendidikan dan Seni (Pentas)  Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Aceh Selatan untuk berkompetisi pada tingkat Provinsi Aceh, di halaman Kantor Bupati Aceh Selatan, Senin (9/9/19).

Kotingen yang diberangkatkan terdiri dari Peserta tingkat SD sebanyak 9 Orang (Pa/Pi), tingkat SMP sebanyak 10 Orang (Pa/Pi), dan tingkat SMA/SMK sebanyak 10 Orang (Pa/Pi), seluruhnya berjumlah 31 Orang (Pa/Pi) yang akan bersaing merebutkan tiket untuk dapat berkompetisi diajang nasional.

Pelepasan pemberangkatan Kontingen Pentas PAI ditandai dengan penyerahan bendera Kontingen dari Kakankemenag Aceh Selatan kepada Asisten II untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAI) H Muhibbudin S Ag sebagai Ketua Kontingen untuk dikibarkan ditingkat Provinsi Aceh tepatnya di Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin Banda Aceh yang dilaksanakan mulai 9 sampai dengan 15 September 2019.

Dalam laporan Kakankemenag Aceh Selatan  menyebutkan Pentas PAI merupakan ajang sebagai wadah untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam rangka mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan bakat dan minatnya masing masing. 

Pentas PAI bertujuan sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat juang dalam upaya mewujudkan generasi islami yang cerdas, beriman dan bertaqwa, sesuai dengan semangat Islam Rahmatan Li'alamin.

Menumbuh kembangkan pembentukan sikap mental, sportifitas, kejujuran dan ukhwah islamiyah antar sesama siswa, sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan presentasi peserta didik d Bidang PAI. 

Selain itu juga untuk dapat memberi motivasi terhadap peserta didik agar lebih semangat mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam serta menjadi tolak ukur keberhasilan Pembinaan Pendidikan Agama islam pada satuan pendidikan, papar Kakankemenag. 

Membacakan sambutan Bupati Aceh Selatan, Asisten II memaparkan dihadapan seluruh undangan, peserta, pelatih, dan pendamping bahwa Pekan Pendidikan dan Seni Pendidikan Agama Islam ini penting sebagai momentum untuk memperkokoh niat dan sikap kita dalam mewujudkan bangsa berkarakter, terutama bagi generasi muda, dengan lahirnya Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2013 yang diperkuat dengan PP Nomor 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan, kedua payung hukum tersebut sungguh banyak sekali membawa dampak positif pada dunia pendidikan di indonesia dalam berbagai dimensi, baik dalam pemahaman pendidikan islam maupun dimensi peningkatan mutu keterampilan dan seni.

Selain itu pula terbuka peluang yang begitu besar untuk pengembangan diri bagi para siswa di sekolah baik dari segi pemberian akses maupun segi pembelajaran pada sekolah. Karena itu Beliau berharap kepada siswa agar dapat berkompetisi diajang Pentas PAI tingkat provinsi ini guna menuju ke tingkat nasional. "siapkan mental dan fisik dalam menghadapi Pentas PAI tingkat provinsi ini dengan sebaik-baiknya", harapnya. 

Selanjutnya beliau juga mengingatkan betapa pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan intellectual quotient (IQ) dan social quotient (SQ), sehingga peserta dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, berakhlak mulia, memiliki sosial yang tinggi dan siap menjadi kompetitor yang sukses menghadapi tantangan zaman.

Selain itu ajang ini juga diharapkan mampu menumbuhkebangkan kesadaran dan penghayatan siswa dalam pengalaman nilai-nilai islam dalam bermasyarakat, dan  menjadikan momentum strategis bagi pemberdayaan keterampilan dan seni bagi para peserta didik, termasuk sarana mencari bibit-bibit unggul, mencari siswa berpresentasi dan seniman berbakat yang akan mengharumkan nama Aceh Selatan di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW