CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

PaKIBAN di MAN 1 Atam

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 892
Rabu, 4 September 2019
Featured Image

Karang Baru (Muhammad Sofyan) – Dalam rangka memeriahkan peringatan tahun baru Hijriah, Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Tamiang mengadakan kegiatan berupa perlombaan antar siswa Madrasah tersebut yang diberi nama “Panggung Kegiatan Islami Bersama Anak Negeri” yang disingkat dengan “PaKIBAN,” Rabu (4/9/2019).

Dalam kegiatan tersebut diperlombakan 6 cabang perlombaan yaitu: Pelaksanaan Fardhu Kifayah, Tahfiz Quran, Azan, Pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini direncanakan selama dua hari, yaitu hari Selasa dan hari Rabu (4-5 September 2019), dengan lokssi halaman Madrasah tersebut yang terletak di Kampung Tualang Baru atau sering juga disebut Tualang Cut Kecamatan Manyak Payed.

T. Nazaruddin, S.Pd.I dalam laporannya selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa julah peserta yang ikut ambil bagian acara tersebut adalah sebagai berikut: Lomba Fardhu Kifayah diikuti oleh 11 group peserta putra dan 9 group putri, masing-masing group terdiri dari 3 orang, pidato Bahasa Indonesia 24 orang, Bahas Inggris 7 orang, dan Bahasa Arab 6 orang peserta, Azan 19 orang, dan Tahfidz 21 orang peserta.

T. Nazaruddin juga menyampaikan bahwa kegiatan ini disponsari oleh Bank Aceh Syariah, BRI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah.

Kepala MAN 1 Aceh Tamiang Mirza, Effendi, ST, S.Pd.I dalam sambutannya memaparkan mengapa acara ini dinamakan "PaKIBAN," Pertama ingin menjelaskan bahwa mayoritas masyarakat di seputaran MAN 1 Atam adalah masyarakat Aceh. "PaKIBAN," dalam bahasa Aceh berarti "Bagaimana," bagaimana diri kita saat ini dalam pengamalan Ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu "PaKIBAN," adalah singkatan dari "Panggung Kegiatan Islami Bersama Anak Negeri," ujarnya.

Sementara itu Drs. H. Hsan Basri, MM, Kakan Kemenag Aceh Tamiang dalam sambutannya mengatakan bahwa ia sangat bangga dengan kegiatan ini, kepada Siswa-siswi MAN 1 Atam ia berpesan agar menjauhi Narkoba dan segala macam jenis khamar lainnya, "kalian adalah generasi penerus harapan bangsa, orang tua dan agama kaliannya yang akan meneruskan cita-cita orang tua, karena itu jangan kotori diri kalian dengan Narkoba," pungkasnya.
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh