CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

388 Jemaah Haji Kloter 2 Tiba di Banda Aceh, 1 Dirujuk ke RSUZA

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 439
Rabu, 4 September 2019
Featured Image

Banda Aceh (inmas) --- 388 jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 02-BTJ telah tiba di Banda Aceh, Rabu (4/9) menggunakan Boeing 777-300er milik Garuda Indonesia.

Jemaah kloter 2 yang berasal dari Aceh Timur, Banda Aceh dan Aceh Besar ini berangkat dari bandara internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) jam 18.50 Waktu Arab Saudi dan tiba di bandara internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) pada jam 07.03 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, H Saifuddin SE mengatakan bahwa kloter 2 yang berangkat ke Arab Saudi sejumlah 384 jemaah. "Namun ada 2 jemaah yang meninggal di Mekah dan dua jemaah lagi mutasi keluar kloter," jelas Saifuddin di bandara SIM.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua jemaah kloter 02-BTJ, Hazanah binti Muhammad Yusuf (63 tahun) asal Aceh Timur dan Abdurrahman Chasbullah Surati (62 tahun) asal Banda Aceh telah meninggal dunia di Mekah.

Sementara dua jemaah lagi, Ratna Dewi Muhammad Ali dan Adlina Boerhanuddin Zaini mutasi keluar kloter. "Insya Allah mereka akan kembali bersama kloter 10," tambah pria yang akrab disapa sebagai Yahwa.

Selain itu, ada delapan jemaah dari kloter lain yang mutasi masuk ke kloter 2. "Ada tiga jemaah kloter 4, dua dari kloter 7 dan tiga jemaah dari kloter 11 yang kembali bersama kloter 2," Saifuddin melanjutkan.

Jadi, jelasnya, ada 168 jemaah laki-laki dan 220 jemaah perempuan yang kembali ke Aceh. Rinciannya, 186 orang dari Kabupaten Aceh Timur, 179 dari Banda Aceh dan tujuh orang dari Aceh Besar. Ditambah tiga jemaah dari Kabupaten Pidie, dua dari Aceh Besar, dua dari Aceh Tamiang dan satu orang dari Aceh Timur.

"Totalnya, ada 388 jemaah yang kembali dalam kloter 2 ini," jelasnya seraya menambahkan bahwa ada tiga belas jemaah yang membutuhkan kursi roda.

Selanjutnya, para jemaah akan mengikuti upacara pelepasan ke kabupaten/kota masing-masing, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam di Aula Jeddah, Asrama Haji Aceh.

Panitia kesehatan Debarkasi Aceh, dokter Maya Sofia mengatakan ada satu jemaah kloter 2 dirujuk Rumah Sakit Umum dr Zainal Abidin (RSUZA), yaitu Abu bakar bin jakfar, Manifest 117. Abu Bakar didiagnosa mengalami pneumonia komuniti atau penyakit paru obstruktif kronik (COPD) dan tindakan post cystostomy, setelah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). "Kita rujuk ke RSUZA untuk memdapat rawatan lanjutan," kata dr Maya.

Sementara itu, humas PPPIH, M Nasril mengatakan bahwa sampai saat ini, Rabu (4/9), 780 jemaah haji Aceh telah tiba di Aceh, masing-masing 392 jemaah kloter 1 dan 388 jemaah dari kloter 2.

"Masih ada 3.886 jemaah kita di Arab Saudi. Insya Allah, besok malam, Jumat (6/9) dinihari akan tiba jemaah dari kloter 3," jelas Nasril.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh