CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kasi Kurikulum MA KSKK Motivasi Guru MAN 1 Banda Aceh

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 348
Rabu, 21 Agustus 2019
Featured Image

Banda Aceh (Amru Sujud) --- Kasi Kurikulum dan Evaluasi MA pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI, Dr H Suwardi MPd memberikan bimbingan dan motivasi kepada dewan guru MAN 1 Banda Aceh, Rabu (21/8). Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang guru MAN 1 Banda Aceh.

Di tengah kesibukannya, Dr Suwardi menyempatkan diri menyambangi MAN 1 Banda Aceh satu jam sebelum terbang ke Jakarta. Penyampaian yang lugas, padat dan jelas menjadi ciri khas paparannya yang memang disambut antusias para guru.

Dalam arahannya, Dr Suwardi menyampaikan tentang pentingnya kualitas pembelajaran di dalam kelas. Proses pembelajaran di kelas akan menentukan prestasi siswa ke depannya. Karena itu persiapan guru dalam mengajar memang sangatlah penting, bagaimana mungkin seorang guru mengajar tanpa adanya persiapan. Namun demikian Ia menegaskan jangan sampai persiapan segala administrasi tersebut sampai membebani guru.

"Guru harus punya RPP, dan RPP itu halamannya tidak harus tebal, cukup dua atau tiga saja, bahkan satu halaman saja pun cukup. Yang terpenting adalah isinya sudah mencakup empat hal. Pertama tujuan, materi, proses, dan evaluasi. Dan terpenting adalah RPP harus dijalankan," jelasnya.

"Siswa belajar itu kuncinya rasa senang, sedangkan guru yang mengajar kuncinya adalah bahagia. Siswa yang senang akan mudah menyerap materi yang diberikan guru. Karena itu hadirkan jiwa guru di dalam kelas," lanjutnya. 

Disela-sela penyampaiannya, Ia juga mengapresiasi kerja keras Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, dalam upaya mengembalikan kejayaan MAN 1 Banda Aceh seperti masa lalu.

"Dulu saat saya masih menjadi kepala MAN Insan Cedekia Gorontalo, saya sudah tahu tentang MAN 1 Banda Aceh ini. Jadi madrasah ini harus kembali jaya seperti dulu", pungkasnya.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh