CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Berbasis Komputer, Kabag TU Pantau Pelaksanaan KSM Aceh

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 290
Kamis, 15 Agustus 2019
Featured Image

Banda Aceh (Inmas) --- Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin SE, memantau pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi tahun 2019 di beberapa lokasi, di Banda Aceh, Kamis (15/8).

Pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Aceh 2019 ini diikuti 531 siswa dari seluruh kabupaten/kota dengan model Computer Based Test (CBT).

Dalam kesempatan tersebut Saifuddin sempat berdiskusi dengan proktor dan juga dengan para peserta yang baru saja menyelesaikan ujian sesi pertama. Ia meminta kepada panitia untuk mencatat semua perolehan nilai peserta dan juga melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan KSM tahun ini. Ia menginginkan siswa siswi Aceh mampu bersaing tingkat nasional, jadi kalau ada kendala harus segera dicari solusi.

"Ini penting sebagai data awal dalam rangka pemetaan dan tindak lanjut pembimbingan yang harus kita lakukan nanti sebelum mengikuti KSM tingkat nasional," ujar Saifuddin didampingi Kabid Penmad, H. M. Idris MPd.

KSM tingkat Provinsi Aceh tahun 2019 ini mengangkat tema "Integrasi sains dan Islam menuju Madrasah Hebat dan Bermartabat", dan dibuka langsung oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs HM Daud Pakeh di Asrama Haji, Rabu (14/8). 

Untuk Lokasi tes,  tersebar di lima tempat yang berbeda, yaitu MAN 1 Banda Aceh, MAN 2 Banda Aceh, MTsN 1 Banda Aceh, MTsN 2 Banda Aceh, dan MTsN 4 Banda Aceh. KSM tahun 2019 ini dibagi dalam dua sesi, sesi pertama mulai pukul 08.00-09.30 WIB untuk tingkat MI/MTs. Kemudian sesi kedua pukul 10.30 - 12.30 untuk tingkat MA.

Adapun Bidang studi yang di ujikan pada KSM tingka provinsi ada 11, yaitu, tingkat MI: Matematika terintegrasi & IPA terintegrasi, tingkat MTS: Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi, tingkat MA : Matematika terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Biologi terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, Geografi terintegrasi.

Pada kesempatan tersebut, Ia mengapresiasi pelaksanaan KSM Provinsi Aceh 2019 yang berjalan lancar dan sukses. Ia berharap banyak anak-anak Aceh yang berhasil di tingkat nasional nantinya.

Saifuddin juga menitip pesan khusus kepada Kabid dan Kasi penmad untuk fokus pada peningkatan kualitas siswa siswi Madrasah dan tidak hanya kuantitas.

Dalam pembukaan KSM sehari yang lalu, Kakanwil juga mengharapkan kegiatan KSM tingkat provinsi ini dapat menjadi momentum untuk memperkokoh slogan Madrasah Hebat Bermartabat.

"Peserta terbaik akan menjadi duta Aceh pada event yang sama tingkat nasional di Manado," jelas Daud Pakeh. 

Kedepan diharapkan paradigma keilmuan sains islam dapat terus digaungkan oleh generasi muda muslim, "agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi muda muslim yang tidak hanya memahami sains islam, tapi juga memahami dan mempraktekkan konsep sains islam secara utuh," pungkas Daud Pakeh.[]


Dalam dua tahun terakhir, pelaksanaan KSM mulai tingkat provinsi hingga nasional dilaksanakan dengan model CBT (Computer Based Test). Soal-soal integrasi sains dan Islam menjadi ciri khas tersendiri bagi KSM. Integrasi tersebut memberi pesan kepada masyarakat luas bahwa Islam pernah berjaya di masa lalu. [{

Tags: # info
Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh