Juara KSM Tingkat Kabupaten Aceh Selatan Ikut Simulasi KSM Berbasis Computer Based Test (CBT)

Kankemenag Aceh Selatan 09-08-2019 15:16

(aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Selatan)

Tapaktuan (Dedi Armansyah) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Selatan, dalam hal ini Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan simulasi ujian Kompetisi Sains Madrasah (KSM) berbasis CBT (Computer Based Test) di MAN 1 Aceh Selatan, Jumat (9/8/19), dimulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 WIB. . 

Simulasi ini diikuti ke 33 peserta KSM Aceh Selatan yang akan dijadwal berangkatkan ke tingkat Provinsi pada 13 Agustus 2019 atau 3 Hari Raya Idul Adha nanti, ke 33 peserta tersebut merupakan Juara 1, 2 dan 3 KSM seleksi tingkat Kabupaten Aceh Selatan yang diadakan pada 20 Juli 2019 lalu, dengan rincian jumlah peserta masing-masing jenjang, diantaranya Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 6 peserta, Madrasah Tsanawiyah (MTs)/SMP sebanyak 9 peserta dan Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 18 peserta.

Adapun mata pelajaran yang diuji adalah Matematika dan IPA untuk tingkat MI, Matematika, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi untuk tingkat MTs dan untuk tingkat MA adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Panitia pelaksana, Raziyuddin S Pd I mengatakan, simulasi tersebut dilaksanakan Menjelang pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi pada 15 Agustus 2019 mendatang . Jumlah peserta yang hadir 27 siswa, diantara siswa yang tidak hadir  juga mengikuti  simulasi secara terpisah yaitu di Banda Aceh karena siswa tersebut tidak dapat pulang disebabkan sedang mengikuti bimbel KSM secara mandiri di Banda Aceh, setelah kita berkoordinasi dengan pihak Kanwil, Alhamdulillah siswa tersebut bisa mngikuti simulasinya bersama siswa lain di Banda Aceh dibawah koordinasi tim Kanwil Provinsi Aceh. 

"Kegiatan Simulasi ini penting dilakukan sebagai upaya memperlancar kesiapan siswa dalam mengikuti KSM Tk. Provinsi yang berbasis CBT (Computer Based Test), untuk itu siswa kita harapkan untuk betul-betul serius mengikutinya, mengingat bagaimana simulasi ini dilakukan begitulah bentuk ujian KSM Tk. Provinsi nantinya", ungkap Razi Staf pada Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Selatan selaku Sekretaris Panitia Komite Kabupaten Aceh Selatan. 

Dia menambahkan, simulasi KSM berbasis CBT (Computer Based Test) online ini dilaksanakan serentak diseluruh Kab/Kota pada hari ini. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta yang bertujuan untuk melihat kesiapan peserta itu sendiri dari sistem yang digunakan sebagai bekal uji teknik dan kapabilitas siswa untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi.

Selanjutnya pada tanggal 16–20 September 2019 nanti berlangsung untuk tingkat Nasional yang dilaksanakan di Manado dan diikuti oleh peserta Juara 1 tingkat Provinsi dari seluruh penjuru tanah air.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW