CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Membangun Keluarga Berkualitas Dari Perspektif Islam

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 428
Kamis, 1 Agustus 2019
Featured Image

Karang Baru (Sofyan/Dahlan) -- Muhammad Dahlan, M.Kom.I, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kec. Karang Baru, pada Kamis (1/8/2019) mendapat kesempatan mengisi materi pada acara Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan yang digelar di Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kualasimpang.

Pak Dahlan (demikian sapaan akrabnya) memberikan materi dengan judul "Pemberdayaan Perempuan Dalam Perspektif Islam Menuju Keluarga yang Berkualitas."

Dalam paparannya antara lain menjelaskan bahwa permasalahn yang timbul dalam rumah tangga sebahagian besar disebabkan karena rumah tangga tersebut sudah keluar dari jalur Islam.

Lebih lanjut Pak Dahlan menyebutkan bahwa dalam Alquran Allah sudah mengingatkan untuk menjaga keluarga dari api neraka, "Jagalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka."

Menurut Pak Dahlan ayat ini bukan hanya untuk seorang ayah, tapi juga untuk istri atau ibu, karena ibulah yang sangat banyak berinteraksi langsung dengan anak-anak, "kualitas pengamalan agama (Islam) seorang ibu akan mewarnai kehidupan agama anak-anaknya," ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan hadis tentang peran penting perempuan dalam sebuah negeri, "perempuan itu bagaikanvtiang bagi sebuah negeri, kalau ianya (perempuan) baik maka baiklah negeri itu, kalau ianya rusak maka rusaklah negeri itu," paparnya lebih lanjut.

Oleh karenanya Pak Dahlan mengajak peserta penyuluhan tersebut yang semunya adalh perempuan sejumlah 20 orang, untuk mendalami pendidikan agama terutama terkait dengan penanaman Aqidah kepada anak dan tak kalah pentingnya juga memberikan teladan yang baik kepada anak berupa penerapan syariat Islam dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh