Kakankemenag Berikan Pembekalan Kepada Mahasiswa PPL & PKL STAIN Gajah Putih Takengon

Kankemenag Aceh Tengah 01-08-2019 13:32

Pembekalan mahasiswa stain gajah putih (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tengah)

Takengon (Sudrajat/Alfansye) — Kepala Kantor Kemenag Aceh Tengah, Drs. H. Amrun Saleh, MA memberikan materi dalam agenda pembekalan (coaching) Praktek Pengalaman lapangan (PPL) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di hadapan para mahasiswa Stain Gajah Putih Takengon, Kamis (1/8/19) di Gedung Olah Seni.

Dengan tema “melalui PPL/PKL menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berkarakter” Kakankemenag Aceh Tengah memaparkan materi dengan judul moderasi beragama di dataran tinggi Gayo.

Dalam paparannya, beliau menjelaskan tantangan dan peluang menghadapi moderasi beragama di wilayah Aceh Tengah. Beliau menjelaskan bahwa yang menjadi tantangan saat ini adalah minimnya panutan yang berintegritas dan komitmen.

“Minimnya tokoh-tokoh agama (ulama) yang mampu mengendalikan Islam yang moderat”, ungkapnya.

Beliau menambahkan agar generasi muda dapat menghindari pemahaman yang dapat merusak nilai nilai beragama yang berkembang ditengah tengah masyarakat.

“intoleransi, ekstrimisme, radikalisme dan fanatisme merupakan sebuah upaya untuk menghancurkan kehidupan beragama”, demikian tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, beliau menjelaskan bahwa yang menjadi peluang dalam menjaga moderasi kehidupan beragama adalah dengan memperhatikan kualitas pendidikan dan menjaga nilai-nilai budaya.

“Meningkatkan kualitas dan kuantitas para tokoh agama dan generasi muda melalui program pondok pesantren, dan lembaga pendidikan di setiap kecamatan. Menjaga nilai adat istiadat budaya Gayo, menjaga etika dan moralitas”, jelas Kakankemenag Aceh Tengah.

Hadir dalam acara tersebut Waka Bidang Akademik Stain Gajah Putih Takengon, Dr. Al Musanna, M.Ag dan diikuti oleh 413 peserta pembekalan.

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW