CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Kankemenag Aceh Tengah Gelar Bimtek Aplikasi Simkah Berbasis Web

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 484
Selasa, 23 Juli 2019
Featured Image

Takengon (Sudrajat) -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui seksi Bimas Islam menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Nikah (Simkah) berbasis Web, di Aula Umah Pesilangan, 23/7/19

Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tersebut diikuti oleh  14 Kepala dan 14 Operator  KUA Kecamatan yang berada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah.

Kakankemenag Aceh Tengah Drs. H. Amrun Saleh, MA menyampaikan bahwa operator memiliki peran penting dalam penginputan data  pada aplikasi Simkah, oleh karena itu kehadiran operator sangatlah diharapkan. 

Lebih lanjut, Kakankemenag menjelaskan bahwa penerapan Aplikasi Simkah berbasis Web tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pengelolaan administrasi nikah rujuk, penggunaan data berbasis data kependudukan, pelaporan dan penyampaian data yang cepat, tepat dan akurat.

Harapnya, dapat meningkatkan pelayanan KUA Kecamatan pada masyarakat, dan bagi operator dan Kepala KUA, melalui bimtek ini masing-masing bertanggung jawab atas keberhasilan aplikasi web tersebut di wilayah kerjanya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama Kasi Bimas Islam Kankemenag Aceh Tengah Ahmad Marjan, S.Ag mengatakan bahwa aplikasi Simkah Web memiliki banyak kelebihan, maka setiap ada peristiwa pernikahan data catin harus diinput di Aplikasi.

“Ada beberapa keunggulan simkah web antara lain terintegrasinya data dengan dukcapil. Selain itu data yang diinput operator akan tersave di server Kemenag, dan bisa terbaca di seluruh Indonesia. Selanjutnya pada aplikasi Simkah Web ada validasi NIK, operator Kecamatan akan terbantu dalam hal mendaftar dan menginput data dirinya masing-masing. Keunggulan lainnya adanya kartu nikah dan memiliki barcode,” Demikian paparnya

Adapun yang menjadi narasumber dalam bimbingan teknis aplikasi Simkah berbasis Web adalah Irham, S.Sos.I  kepala KUA Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah.[]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh