CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Tim Asesor Lakukan Visitasi Akreditasi di MAN 1 Subulussalam

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 682
Jumat, 19 Juli 2019
Featured Image

Subulussalam (Faisal)---- Tim asesor akreditasi sekolah/Madrasah melakukan visitasi sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Subulussalam, Madrasah tersebut merupakan salah satu Madrasah unggulan di Kota Subulussalam ini, untuk saat ini memperoleh peringkat akreditasi A.

Visitasi adalah kunjungan ke sekolah/madrasah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah/madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Kegiatan visitasi sekolah dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu sekolah/madrasah. Proses visitasi merupakan rangkaian pelaksanaan akreditasi yang melekat dengan fungsi evaluasi diri. Asesor melakukan visitasi ke sekolah yang akan diakreditasi.

Tim asesor yang melakukan kegiatan visitasi ke MAN 1 Kota Subulussalam ada 3 orang, yang di ketuai oleh Ahmad Fauzi , Tim asesor tersebut melakukan kegiatan visitasi mulai pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Jumat (19/7)

Disampaikan oleh Drs. Mirsal selaku kepala MAN 1 Subulussalam bahwa akreditasi MAN untuk sekarang ini adalah A, semoga akreditasi tersebut bertahan atau bahkan menjadi A+.

Ia juga menyampaikan bahwa tim asesor akreditasi tersebut akan melakukan visitasi selama dua hari di MAN 1 Subulussalam.

" Untuk saat ini MAN 1 telah memiliki nilai A, semoga nilai tersebut bertahan atau bahkan lebih". Harap Mirsal

" Tim asesor tersebut akan berada di Madrasah kita selama dua hari, mulai tanggal 19-20 Juli". Ungkap mirsal

Asesor menemui Kepala Madrasah dan warga sekolah untuk menyampaikan tujuan visitasi. Kemudian asesor membandingkan data instrumen evaluasi diri dengan kondisi nyata sekolah melalui pengamatan, observasi kelas, wawancara, dan pencermatan ulang data pendukung serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.

Tim asesor ditemani Kepala MAN 1 Subulussalam Drs. Mirsal melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya, tim asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data ke perpustakaan serta sarana pendukung lainnya.    

Setelah melakukan verifikasi nantinya, tim asesor melakukan  pertemuan dengan warga sekolah. Pertemuan untuk mengklarifikasi berbagai temuan penting atau ketidaksesuaian yang sangat signifikan antara fakta dengan data evalusi diri. Hasil visitasi dapat menentukan format perhitungan/skoring untuk mendapatkan peringkat akreditasi. Apakah memperoleh peringkat A+, peringkat A, atau peringkat B, bahkan peringkat C.     

Ada 8 komponen akreditasi yang dievaluasi, yaitu: Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian. 


Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh