Kakankemenag Bagikan Tips Dapatkan Nomor Porsi Haji dalam 5 Tahun

Kankemenag Aceh Tengah 19-07-2019 01:26

Kegiatan DW Aceh Tengah (aceh.kemenag.go.id/Kankemenag Aceh Tengah)

Takengon (Sudrajat) -- Kakankemenag Aceh Tengah Drs. H. Amrun Saleh, MA membagikan tips agar masyarakat mendapatkan Nomor Porsi Haji dalam waktu 5 Tahun .

Tips tersebut disampaikan Kakankemenag Aceh Tengah dihadapan warga Kemenag pada kegiatan Darma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Aceh Tengah yang berlangsung di MIN 12 Aceh Tengah, 18/7/19

Pada kesempatan tersebut Kakankemenag secara runtun menyampaikan tahapan logika dalam mendapatkan nomor porsi haji untuk jangka waktu 5 tahun. Menurutnya tips ini berlaku bukan hanya untuk warga Kemenag, namun masyarakat secara umum yang punya niat kuat berangkat ke tanah suci.

"Warga Kementerian Agama yang berkeinginan daftar haji belum terlambat, niatkan dari sekarang untuk daftar haji, begitu juga dengan masyarakat secara umum dengan niat kuat dapat mengaplikasikan logika menabung haji jangka 5 tahun". Ungkap Drs. H. Amrun Saleh, MA

Lebih lanjut, Kanakemenag mengatakan saat ini untuk mendapat nomor porsi dibutuhkan uang sebanyak 25 juta, oleh karena itu agar dalam jangka waktu  5 tahun mendapatkan nomor porsi ada beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain dengan cara menyisihkan uang atau menabung per hari Rp.13.900 atau 417 ribu sebulan.

logikanya adalah: 25 Juta di bagi 5 tahun = 5 juta, kemudian 5 juta di bagi 12 bulan = 417 ribu, kemudian 417 ribu dibagi 30 hari = 13.900 ribu. Maka setiap hari tidak terasa berat menyisihkan uang atau menabung sebanyak Rp. 13.900 sehingga tanpa terasa selama kurun waktu  5 tahun sudah terkumpul 25 juta dan sudah mendapatkan nomor Porsi.

Pertama: Untuk PNS Kemenag, dengan cara menyisihkan uang makan atau tunjangan lain selain gaji di tabung, jika uang makan rata-rata tiap bulannya 650 ribu, maka jika perbulan menabung 417 ribu di kali 2 karena suami istri = 834 ribu. Jika uang makan di tabung dan ditambah sedikit dari sumber lain maka suami istri dalam jangka 5 tahun sudah mendapatkan nomor porsi.

Kedua: Untuk Petani, dengan cara menyisihkan uang hasil pertaniannya di Aceh Tengah contohnya adalah pucuk Jipang, satu ikat besar harganya Rp.5000 tiga ikat Rp.15.000. maka jika tiap hari dapat menjual 3 ikat, jika dikalkulasi dalam satu bulan terkumpul uang 417 ribu, maka dalam jangka 5 tahun sudah mendapatkan nomor porsi.

Ketiga: Untuk Warga Kementerian Agama yang ingin mendapatkan nomor porsi dalam satu Minggu, 3 tahun atau 5 tahun yaitu melalui Istitha'ah dalam berhaji melalui Pegadaian, syaratnya ada modal awal emas 2 mayam atau 6,6 gram.

Keempat: Dengan cara menabung langsung Rp 25 juta Ke Bank untuk mendapatkan nomor porsi.

Di akhir penjelasannya Kakankemenag menyatakan dalam mendapatkan nomor porsi dan berhaji perlu adanya usaha dan niat yang kuat serta manajemen keuangan keluarga yang baik.[]

Kategori Kantor Kemenag Kabupaten/Kota
CONNECT & FOLLOW